5 Tips Memilih Pinjaman Uang Tunai untuk UMKM, Bisnis Lancar Modal Terpenuhi!

Biasanya ketika mendengar para pelaku usaha yang modalnya mulai menipis akan khawatir dengan keadaan seperti ini. Tidak jarang para pelaku usaha atau UMKM yang memilih untuk mengambil pinjaman uang tunai ke Lembaga keuangan, baik pinjaman uang tunai cepat di bank maupun non-bank. 

Namun, pada nyatanya tidak sedikit para pelaku usaha yang rugi karena tertipu oleh beberapa Lembaga keuangan yang tidak terpercaya dengan limit yang menggiurkan. Nah ALovers agar hal tersebut tidak terjadi pada usaha kamu. Maka perlu ALovers simak deretan Tips pinjaman uang tunai untuk UMKM.

Peranan UMKM sendiri sebagai ‘penggerak’ ekonomi Indonesia. Maka tak heran, kalau pemerintah terus mendukung para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha yang mereka miliki. Bentuk dukungan ini tidak hanya ditunjukan dari segi regulasi dan perpajakan saja, namun juga pendanaan dengan bunga ringan.

Artinya sebagai pengusaha, ALovers dapat menerima suntikan modal berupa pinjaman untuk UMKM, baik lewat bank maupun non-bank dengan kisaran bunga 0,65 hingga 7 persen, tergantung di lembaga peminjaman mana yang ALovers gunakan.

Nah, agar ALovers enggak tertipu dengan lembaga keuangan yang tidak terpercaya tersebut, sebaiknya ALovers kepoin dulu 4 tips memilih pinjaman uang tunai cepat tanpa jaminan untuk UMKM berikut ini.

1. Tercatat dan diawasi oleh OJK

Tentunya kamu harus mencari tahu dahulu ALovers sebelum memilih pinjaman uang tunai cepat tanpa jaminan ini. Salah satu indicator yang perlu kamu ketahui yaitu pastikan dahulu Lembaga keuangan tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK atau belum 

Melansir dari laman resmi OJK, hingga 11 Juni 2020, jumlah lembaga pinjaman berupa fintech di Indonesia yang sudah terdaftar dan berizin adalah sebanyak 160 perusahaan. Berarti, di luar dari itu kemungkinan merupakan lembaga pinjaman ilegal.

Nah, tips memilih pinjaman untuk UMKM ini jangan sampai tidak ALovers hiraukan ya, karena dampaknya yang begitu besar demi keberlangsungan usahamu sendiri.

2. Terdapat website resmi 

Tips memilih pinjaman untuk UMKM selanjutnya adalah dengan melihat apakah perusahaan pinjaman tersebut memiliki website resmi atau tidak. Sebab, siapapun yang ingin meminjam dana tentu membutuhkan sejumlah informasi untuk memudahkannya, mulai dari produk yang ditawarkan, alamat perusahaan, hingga nomor telepon bantuan.

Oleh karena itu, pastikan apakah pihak perusahaan pinjaman memiliki website resmi atau tidak. Lihat juga bagaimana tampilan dari halaman utama website tersebut.

Apabila tampak tertata rapi dan menyertakan logo ‘terdaftar dan diawasi oleh OJK’ pada bagian bawah website, maka tak perlu ragu untuk menggunakan layanannya. Jika sebaliknya, berarti ALovers patut mencurigai perusahaan tersebut karena kemungkinan ini adalah pinjaman abal-abal.

3. Jangan tergiur dengan promo 

Enggak cuma terdaftar OJK ataupun memiliki website resmi saja, karena dalam tips memilih pinjaman untuk UMKM yang juga harus diperhatikan adalah dengan tidak tergiur akan embel-embel ‘promo’.

Memang sih, realitanya saat kita ingin meminjam dana terutama kondisi mendesak, pasti menginginkan kemudahan proses dan promo yang ditawarkan. Namun, proses cepat dan promo menarik juga tidak menjamin mutu dari lembaga peminjaman loh.

Malahan banyak perusahaan bodong yang melakukan cara ini untuk membutakan korbannya, agar terbuai untuk mengajukan pinjaman di perusahaan tersebut.

Alih-alih ingin untung, mereka justru merugi karena ternyata tidak sesuai dengan klaim yang diberikan. Ya, meskipun sebetulnya ada juga lembaga peminjaman yang memang terpercaya dan memiliki proses yang cepat. Maka ALovers perlu berhati-hati saat cari pinjaman uang tunai. 

4. Transparan mengenai bunga dan detil informasi produknya

Tips memilih pinjaman uang tunai untuk UMKM lainnya adalah pihak penyedia pinjaman akan sangat transaparan mengenai detil produk yang dimiliki hingga besaran bunganya. Mereka juga dengan senang hati menjelaskan masa tenor pembayaran, bagaimana cara melunasi cicilan, maupun keringanan bayar ketika ALoversberhasil melunasinya tepat waktu atau bahkan lebih awal.

Dengan informasi yang teramat jelas itu, tentu ALovers enggak perlu khawatir lagi bila ingin meminjam dana untuk mengembangkan usahamu. Tapi yang pasti, sebelum akhirnya menggunakan layanan dari lembaga pinjaman, pastikan juga ALover setelah membaca dan memahami isi kontrak yang dibuat bersama tersebut.

Mengingat perjanjian yang dibubuhkan dengan tandatangan dan materai pasti dilengkapi dasar hukum, untuk nantinya membedakan mana hak dan kewajiban bagi dua belah pihak.

 

ALovers juga perlu membandingkan sebelum mengajukan pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi dengan pinjaman uang tunai cepat tanpa jaminan online. Apabila keempat tips memilih pinjaman uang tunai untuk UMKM di atas sudah ALovers pahami. Kini saatnya untuk mulai membandingkan produk pinjaman yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan maupun kemampuan. Enggak perlu pakai cara manual, gunakan saja layanan financial, seperti Akulaku.com, untuk membandingkannya.  

Akulaku bukan hanya bisa dipakai sebagai alat perbandingan netral untuk produk finansial yang diinginkan. Namun melalui layanan ini juga, ALovers dapat mengajukan produk pinjaman tunai untuk UMKM yang tentunya tanpa agunan, proses mudah, dan sistem cicilan ringan sampai 15 bulan dengan bunga terendah ekslusif online

Jadi, tunggu apalagi ALovers? Yuk, segera temukan produk pinjaman di Akulaku.com yang paling sesuai dan ajukan sesegera mungkin untuk mendapatkan penawaran terbaik!