Cara Mencuci Sepatu

Jangan Asal Membersihkan Sepatu! Ikutin 4 Cara Mencuci Sepatu Ini Biar Makin Bagus Dan Awet Sepuluh Tahun!

Sepatu menjadi alas kaki yang biasa kita gunakan untuk melindungi kaki. Banyaknya aktivitas dan kegiatan yang dilakukan di dalam dan di luar ruangan terkadang membuat sepatu menjadi mudah kotor. Sepatu yang kotor membuat kita menjadi tidak percaya diri dan merasa kurang nyaman saat digunakan. Belum lagi kalau sepatu sudah mengeluarkan aroma tak sedap, pasti makin nggak nyaman dan malu banget kalau aromanya tercium sama orang lain. Duh, jangan sampai kamu mengalaminya deh, ALovers. 

Nah, biar sepatu kamu nggak kotor lagi. Sudah saatnya kamu cara mencuci sepatu dengan cara yang tepat. Kali ini Kula mau kasih tau ke kamu gimana cara mencuci sepatu yang benar, biar sepatu kamu makin bagus dan awet.

1.Kenali Jenis dan Bahan Sepatu

Sepatu memiliki jenis dan bahan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kamu juga perlu memperhatikan hal ini, karena beda sepatu beda juga cara cuci dan perawatannya. Ingat, nggak semua sepatu sama cara metode mencucinya. Jangan sampai sepatu kamu rusak karena kamu belum memahami jenisnya. Kali ini, sebelum memulai cara mencucinya. Kula mau kasih informasi ke kamu apa saja jenis dan bahan sepatu supaya kamu makin paham, ALovers.

Kanvas

Bila kamu memiliki jenis sepatu kanvas, kamu bisa mencucinya dengan menggunakan sikat gigi dan pembersih sepatu menggunakan soda kue/baking soda, deterjen, dan air pada bagian sol sepatu. 

Sepatu Suede

Khusus sepatu berjenis suede, metodenya agak berbeda dengan jenis sepatu lainnya. Kula sarankan untuk mencuci dengan teknik kering. Siapkan sikat untuk membersihkan, pastikan untuk menggosok lembut ke satu arah, jangan berlawanan arah hal ini akan berdampak ke bahan suede yang jelek dan tidak beraturan.

Kulit

Bila sepatu kamu berbahan kulit, kamu cukup membersihkan menggunakannya dengan kain dan berikan sabun khusus pembersih sepatu kulit. Kula sarankan, sebaiknya jangan di gosok dengan sikat karena akan membuat sepatu kulit menjadi rusak.

Sepatu Putih

Saat ini sepatu putih sedang “hits” di kalangan kaum millenial. Sepatu dengan warna putih dan cerah bisa terlihat kece bagi siapapun yang menggunakan.Dengan sepatu putih, kamu bisa mudah mix and match gaya sesuai dengan keinginanmu. Namun, karena warna yang mudah. Kamu harus rutin membersihkannya untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel.

2.Cara Mencuci Sepatu Yang Tepat

soda kue

Saat kamu ingin mencuci sepatu, sebaiknya kamu melakukan metode cuci kering. Kenapa begitu ALovers? Karena akan lebih mudah dikeringkan dengan cara di lap tanpa harus dijemur. 

Ketika mulai mencuci sepatu, lepaskanlah tali jika sepatu kamu bertali. Kemudian kamu bisa merendam tali sepatu dengan menggunakan deterjen pembersih noda atau debu yang membandel. Langkah selanjutnya, kamu pilih bagian yang paling kotor. Biasanya bagian yang paling kotor yaitu bagian bawah sepatu. Setelah dirasa sudah cukup bersih, kamu bisa lanjut ke bagian sol sepatu, dengan menggunakan alat pembersih yang ampuh membuat sepatu kamu menjadi lebih kinclong dan bersih dari sebelumnya.  Apabila sol sepatu sudah bersih, kamu bisa lanjut membersihkan ke bagian dalam sepatu. Gunakan parfum sepatu supaya kamu makin nyaman saat menggunakannya.

3.Hindari Jemur Dari Matahari Langsung

Banyak yang menganggap semakin langsung terkena sinar matahari maka sepatu yang kamu cuci akan semakin cepat kering, namun ada yang perlu kamu sadari bahwa ternyata kebiasaan tersebut akan membuat warna sepatu menjadi berubah dan cepat pudar. 

Apakah kamu salah satunya, yang pernah melakukan kesalahan tersebut, ALovers? Tenang, nggak masalah berbuat salah asal segera diperbaiki ya. Oleh karena itu, Kula menganjurkan kamu untuk menjemur sepatu di tempat yang sejuk dan tetap jemur dengan matahari tapi jangan secara langsung ya! Oh iya, ada yang perlu, pastikan sepatu kamu sudah dalam keadaan kering sebelum disimpan ke rak sepatu untuk meminimalisir bau tidak sedap dan jamur akibat sepatu basah yang belum kering secara keseluruhan. 

4.Tempat Penyimpanan Sepatu

sinar matahari

ALovers, nggak cuma mencuci dan mengering sepatu saja yang harus diperhatikan. Namun, tempat penyimpanan sepatu juga ikut berpengaruh buat kualitas sepatu kamu, lho! Nah, siapa yang masih suka simpan sepatu di sembarang tempat? Mungkin ini saat yang pas untuk merubah kebiasaan tersebut. 

Kula kasih saran nih, usahakan untuk menyimpan sepatu di tempat yang kedap udara untuk menghindari tumbuhnya jamur. Selain itu, jangan menyimpan terlalu lama sepatu di tempat yang kedap udara, usahakan untuk menjemur sepatu keluar dari tempat atau rak-nya agar sepatu ikut “bernafas” dari udara yang ada di dalam rak sepatu. Jangan lupa juga untuk memberikan pengawet saat sepatu sedang tidak digunakan, agar sepatu kamu tetap terjaga kualitasnya. 

Nah, gimana sudah cukup paham dan jelas kan, informasi dari Kula ALovers? Jangan diulangi lagi kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan saat mencuci sepatu. Cukup sekian dulu ya, informasi dari Kula. Semoga dengan adanya artikel ini, kamu semakin rajin mencuci dan merawat sepatu sendiri tanpa mencuci ke jasa cara mencuci sepatu yang cukup mahal dan akan membuat kantong kamu jebol. Jangan lupa untuk baca artikel-artikel Kula yang lain, ALovers!