SYARAT DAN KETENTUAN

Pembaharuan Terakhir: 21/11/2019

Selamat datang di AKULAKU, suatu aplikasi platform perdagangan yang memfasilitasi kegiatan jual beli secara online antara Merchant dan Pengguna aplikasi, dengan pengalaman berbelanja online yang unik dan berbeda dengan aplikasi platform perdagangan lainnya di Indonesia.

Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT AKULAKU SILVRR INDONESIA melalui penggunaan aplikasi AKULAKU.

Dengan mengakses dan menggunakan layanan yang tersedia dalam aplikasi AKULAKU, maka Anda dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui seluruh isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Anda sebagai Pengguna dengan AKULAKU.

Syarat dan Ketentuan dapat diubah atau diperbaharui sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Anda disarankan untuk selalu membaca dan memeriksa Syarat dan Ketentuan secara seksama dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan yang tersedia dalam aplikasi AKULAKU, maka Anda sebagai Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan.

APABILA ANDA MERASA KEBERATAN DAN/ATAU TIDAK SETUJU ATAS SALAH SATU, SEBAGIAN, ATAU SELURUH ISI SYARAT DAN KETENTUAN, MAKA ANDA SETUJU UNTUK TIDAK AKAN MENGGUNAKAN LAYANAN YANG TERSEDIA DALAM APLIKASI AKULAKU.

1. DEFINISI

1) “AKULAKU” adalah suatu penyelenggara sistem elektronik berbentuk aplikasi mobile (platform).

2) “Aplikasi AKULAKU” adalah aplikasi mobile pencarian toko dan barang yang dijual oleh penjual terdaftar, yang memberikan layanan fasilitas tertentu bagi penjual terdaftar untuk menawarkan fitur pembayaran angsuran tanpa kartu kredit untuk pembelian barang yang dijual oleh penjual melalui Aplikasi AKULAKU.

3) “Syarat dan Ketentuan” adalah perjanjian antara Pengguna dan AKULAKU yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan AKULAKU, serta tata cara penggunaan sistem dan layanan dalam Aplikasi AKULAKU.

4) “Pengguna” atau selanjutnya disebut “User” adalah pihak yang menggunakan layanan AKULAKU, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual, ataupun pihak lain yang mengunduh Aplikasi AKULAKU.

5) “Pembeli” adalah User terdaftar yang melakukan permintaan atas suatu Produk yang dijual oleh penjual terdaftar melalui Aplikasi AKULAKU.

6) “Penjual” atau selanjutnya disebut “Merchant” adalah User terdaftar yang menyetujui untuk melakukan penawaran, pemasaran, dan penjualan atas suatu Produk kepada User Aplikasi AKULAKU.

7) “Produk” adalah seluruh layanan dan barang yang tersedia untuk dijual kepada Pembeli dalam Aplikasi AKULAKU.

8) “Program Kredit” adalah fasilitas pembelian Produk yang ditawarkan Merchant kepada Pembeli dengan cara melakukan pembayaran secara angsuran dalam jangka waktu tertentu sampai dengan tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan bersama oleh Merchant dan Pembeli, yang hanya tersedia melalui Aplikasi AKULAKU.

9) “Pemohon” adalah Pembeli yang mengajukan permohonan penggunaan fasilitas Program Kredit di Aplikasi AKULAKU dengan tujuan membeli Produk yang dijual Merchant, serta bersedia memenuhi dan setuju atas seluruh syarat dan ketentuan Program Kredit.

10) “Rekening Virtual AKULAKU” adalah rekening bersama yang disepakati oleh AKULAKU dan User untuk proses transaksi jual beli di Aplikasi AKULAKU, termasuk penggunaan Program Kredit.

2. KETENTUAN PENGGUNAAN

1) User dengan ini menyatakan bahwa User adalah pihak yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

2) User yang akan bertindak sebagai Merchant diwajibkan untuk terlebih dahulu mengajukan aplikasi kepada AKULAKU dan kemudian memperoleh persetujuan AKULAKU dalam bentuk suatu kesepakatan tertulis yaitu Perjanjian Merchant sebelum menjual Produk di Aplikasi AKULAKU.

3) AKULAKU tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada User, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan dan/atau hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan Produk, penutupan halaman Produk, pembatalan listing Produk, suspensi akun, penghapusan akun User, dan/atau pengakhiran kerjasama dengan Merchant.

4) AKULAKU memiliki hak dan kewenangan untuk menghapus Produk, menutup halaman Produk, mencabut akses akun User (sementara maupun secara permanen), atau mengakhiri segera kerjasama dengan Merchant, apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan AKULAKU.

5) User dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Aplikasi AKULAKU, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) manipulasi data; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; (v) penambahan produk ke etalase; dan/atau (vi) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.

6) AKULAKU memiliki hak dan kewenangan untuk melakukan penyesuaian jumlah transaksi Merchant, dan/atau melakukan proses moderasi, suspensi, ataupun penutupan akun Merchant, jika diketahui atau diduga adanya kecurangan oleh Merchant yang bertujuan memanipulasi data transaksi Pengguna demi meningkatkan jumlah transaksi Merchant. Termasuk namun tidak terbatas pada melakukan proses pembelian produk Merchant dengan menggunakan akun pribadi atau akun pribadi lainnya yang dikumpulkan secara tidak sah dan/atau melanggar hukum.

7) AKULAKU memiliki hak dan kewenangan untuk melakukan pembekuan akun Pembeli dan limit kredit yang dimiliki Pembeli apabila ditemukan atau diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan AKULAKU. Termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan akun AKULAKU untuk melakukan proses pembelian produk namun tidak melakukan pembayaran dan dalam penagihan pembayaran tidak dapat dihubungi di alamat dan kontak yang telah didaftarkan.

8) Merchant dilarang untuk melakukan duplikasi toko, duplikasi produk, atau tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.

9) User bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas transaksi yang terjadi dalam akun User.

10) User setuju untuk memastikan bahwa User keluar dari akun dalam Aplikasi AKULAKU di akhir setiap sesi dan memberitahukan kepada AKULAKU apabila terdapat penggunaan akun tanpa izin atas sandi atau akun User.

11) User dengan ini memahami, menyetujui dan menyatakan bahwa AKULAKU tidak bertanggungjawab atas kerugian atau kerusakan dalam bentuk apapun yang timbul dari penyalahgunaan akun User.

3. KETENTUAN PEMBELIAN

1) Segala transaksi Pembeli pada Aplikasi tunduk pada prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh AKULAKU, kecuali untuk metode pembayaran, dimana

Pembeli berhak memilik metode pembayaran yang diinginkan.

2) Saat melakukan pembelian Produk, Pembeli setuju bahwa:

a. Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi dan deskripsi Produk secara keseluruhan (termasuk namun tidak terbatas pada harga, warna, kualitas, fungsi, jenis, spesifikasi, dan informasi lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli Produk.

b. Pembeli memahami dan mengakui bahwa informasi dan deskripsi Produk merupakan informasi dan deskripsi yang diberikan oleh Merchant atas Produk. AKULAKU tidak dapat menjamin bahwa Produk akan sesuai dengan informasi dan deskripsi yang diberikan Merchant.

c. Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari Produk sebagaimana terlihat di Aplikasi AKULAKU tergantung pada layar monitor mobile device Pembeli. AKULAKU telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampikan di dalam Aplikasi AKULAKU muncul seakurat mungkin, namun tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Aplikasi AKULAKU akan akurat.

d. Pembeli masuk ke dalam perjanjian yang mengikat secara hukum untuk membeli Produk ketika Pembeli membeli suatu Produk.

3) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Produk merupakan tanggung jawab Merchant yang menawarkan Produk tersebut. Jumlah stok Produk dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Produk kosong, maka Pembeli sepakat bahwa Merchant memiliki hak untuk menolak pesanan Pembeli, dan pembayaran yang telah dibayarkan atas Produk akan dikembalikan kepada Pembeli.

4) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar Pembeli dan Merchant selain melalui Rekening Virtual AKULAKU dan/atau tanpa sepengetahuan AKULAKU (melalui pesan pribadi, korespondensi via telepon dengan nomor pribadi, atau upaya lainnya) merupakan tanggung jawab pribadi Pembeli.

5) AKULAKU memiliki hak dan kewenangan untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan kepada User terlebih dahulu.

6) Pembeli menyetujui untuk tidak mengungkapkan atau menyerahkan bukti pembayaran Produk kepada pihak lain selain AKULAKU. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.

7) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa harga Produk yang tercantum di Aplikasi AKULAKU merupakan tanggung jawab Merchant yang menawarkan Produk tersebut. Harga dapat berubah sewaktu-waktu atas dasar kebijakan Merchant terlebih dahulu tanpa pemberitahuan kepada User.

8) Pembeli wajib memberikan informasi yang tepat dan valid saat melakukan pemesanan termasuk namum tidak terbatas pada: nomor telepon, alamat penerima, nama penerima. Akulaku dapat melakukan pembatalan pesanan jika ada kesalahan informasi tersebut tanpa pemberitahuan kepada User.

9) Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan Produk kepada AKULAKU selambatnya 5 hari setelah pengiriman Produk berstatus “Telah Dikirim” pada Aplikasi AKULAKU. Dalam hal tidak ada konfirmasi maupun klaim dari pihak Pembeli dalam jangka waktu yang diberikan, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Produk secara otomatis oleh AKULAKU.

10) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang disampaikan setelah adanya konfirmasi atau konfirmasi otomatis penerimaan Produk bukan merupakan tanggung jawab AKULAKU, namun merupakan tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

11) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank Pembeli dengan bank Rekening Virtual AKULAKU adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

PEMBELIAN PULSA DAN LISTRIK, PEMBAYARAN BPJS

1) AKULAKU bekerjasama dengan penyedia layanan jual beli pulsa, token listrik dan pembayaran BPJS untuk memberikan layanan pembelian pulsa, token listrik dan pembayaran BPJS kepada User Aplikasi AKULAKU.

2) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa pulsa, token listrik, dan pembayaran BPJS bersifat elektronik, non-voucher dan tidak berwujud, sehingga penyerahan Produk tidak dilakukan secara tatap muka dengan Pembeli, namun berhasilnya transaksi dibuktikan dengan bukti pembayaran yang disampaikan oleh AKULAKU kepada Pembeli.

3) Dalam pembelian pulsa:

a. Pembeli memasukkan nomor handphone yang ingin diisi pulsanya, serta nilai pulsa yang akan dibeli.

b. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa pengisian nomor handphone dan pemilihan nilai pulsa dengan baik dan benar merupakan tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

c. Pengisian pulsa untuk 1 (satu) nomor handphone hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali per hari. Dalam hal Pembeli membeli pulsa lebih dari 1 (satu) kali untuk nomor handphone yang sama, maka pulsa akan dikirimkan pada hari berikutnya.

4) Dalam pembelian token listrik:

a. Pembeli memasukkan nomor token listrik berupa ID Pelanggan atau nomor meteran, serta nilai token listrik yang akan dibeli.

b. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa pengisian token listrik dan pemilihan nilai token listrik dengan baik dan benar merupakan tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

c. Berdasarkan ketentuan PLN, pembelian token listrik tidak dapat dilakukan melalui Aplikasi AKULAKU pada pukul 23:00 – 01:00 WIB setiap harinya.

d. Berlaku biaya transaksi yang nilainya tercantum di aplikasi Akulaku yang dibebankan langsung pada nilai nominal pembelian token listrik.

5) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa seluruh transaksi pembelian pulsa, token listrik, dan pembayaran BPJS melalui Aplikasi AKULAKU tidak dapat dibatalkan Pembeli dengan alasan apapun. Kegagalan pembelian pulsa, token listrik, dan pembayaran BPJS yang disebabkan karena kesalahan nomor handphone, nomor ID pelanggan, dan/atau nomor kepesertaan BPJS merupakan tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

6) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa tidak ada proses pengembalian dana (refund) yang berlaku dalam hal terjadinya kesalahan pengisian nomor tujuan, maupun kadaluarsanya nomor handphone.

7) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa harga pulsa dan token listrik dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

PEMBELIAN VOUCHER MINIMARKET

1) AKULAKU bekerjasama dengan jaringan toko swalayan dan minimarket di Indonesia yaitu Indomaret dan Alfamart untuk menyediakan layanan pembelian voucher elektronik Indomaret dan Alfamart menggunakan Aplikasi AKULAKU.

2) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa voucher minimarket bersifat elektronik, non-voucher dan tidak berwujud, sehingga penyerahan Produk tidak dilakukan secara tatap muka dengan Pembeli, namun berhasilnya transaksi dibuktikan dengan bukti pembayaran yang disampaikan oleh AKULAKU kepada Pembeli.

3) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa seluruh transaksi pembelian voucher minimarket melalui Aplikasi AKULAKU tidak dapat dibatalkan Pembeli dengan alasan apapun. Kegagalan penggunaan voucher minimarket merupakan tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

4) Kecuali dinyatakan sebaliknya oleh Merchant, voucher minimarket hanya dapat berlaku 1 (satu) kali. Voucher yang telah dipakai tidak dapat digunakan lagi walaupun terdapat sisa selisih transaksi dari penggunaan voucher sebelumnya.

5) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa syarat dan ketentuan penggunaan voucher ditetapkan oleh Merchant, dalam hal ini adalah Indomaret dan Alfamart. Penggunaan voucher yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan penggunaan tersebut merupakan tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

4. HARGA

1) Harga Produk yang terdapat dalam Aplikasi AKULAKU adalah harga yang ditetapkan oleh Merchant. Merchant dilarang memanipulasi harga Produk dengan cara apapun.

2) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya Aplikasi AKULAKU dikarenakan handphone yang dipakai Pembeli dalah tanggung jawab Pembeli.

3) Merchant memahami dan menyetujui bahwa kesalahan yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar atau tidak sesuai adalah tanggung jawab Merchant.

4) Dengan melakukan pemesanan melalui Aplikasi AKULAKU, Pembeli menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran.

5) Aplikasi AKULAKU saat ini hanya melayani transaksi jual beli Produk dalam mata uang Rupiah.

6) Harga yang ditampilkan dalam Aplikasi AKULAKU sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya tanpa diperlukan alasan apapun.

5. KETENTUAN PENGIRIMAN

1) AKULAKU bekerjasama dengan Merchant dan jasa perusahaan ekspedisi untuk memfasilitasi pengiriman Produk sesuai dengan pilihan pengiriman Produk yang dipilih Pembeli.

2) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Produk adalah wewenang sepenuhnya Merchant atau penyedia jasa pengiriman Produk sesuai pilihan Pembeli.

3) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa pengiriman Produk yang dibeli melalui Aplikasi AKULAKU hanya dapat dilakukan ke alamat yang ditunjuk Pembeli

selama berada di wilayah Republik Indonesia.

4) Produk hanya dapat diterima oleh Pembeli atau pihak yang dikuasakan secara sah oleh Pembeli, dengan menunjukkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku atau Surat Kuasa disertai photocopy KTP Pembeli apabila merupakan kuasa pada saat menerima Produk.

5) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa pengiriman Produk hanya dapat dilakukan ke alamat Pembeli yang dimasukkan ketika melakukan pemesanan. Kegagalan, keterlambatan, maupun hambatan lain yang timbul karena kesalahan Pembeli dalam memasukkan alamat merupakan tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

6) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa AKULAKU telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi perkiraan jangka waktu pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi, namun AKULAKU tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan keadaan yang terjadi di luar kendali AKULAKU.

6. KETENTUAN PENGEMBALIAN PRODUK

1) Pembeli dapat mengajukan permohonan pengembalian Produk dalam waktu 5 (lima) hari kalendar setelah tanggal Pembeli menerima Produk dengan melampirkan tanda terima Produk dan bukti pembayaran yang telah dibayarkan Pembeli.

2) Permohonan pengembalian Produk dapat dilakukan melalui Aplikasi AKULAKU, Customer Service AKULAKU, maupun kepada Merchant secara langsung.

3) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa syarat dan ketentuan mengenai pengembalian Produk, termasuk namun tidak terbatas untuk melakukan penukaran atau perbaikan Produk, berlaku berdasarkan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan pada setiap Produk. AKULAKU menyarankan agar Pembeli selalu membaca dengan baik ketentuan mengenai pengembalian sebelum melakukan konfirmasi pembelian.

4) Kegagalan dan keterlambatan dalam memproses pengembalian, penukaran maupun perbaikan Produk yang timbul dari syarat dan ketentuan Merchant merupakan tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

Pembeli memahami dan mengerti bahwa AKULAKU akan melakukan usaha sebaik mungkin dalam menghubungkan Pembeli dan Merchant dalam proses pengembalian Produk, namun hal tersebut merupakan inisiatif AKULAKU pribadi dan bukan kewajiban. Hasil pengembalian Produk merupakan tanggung jawab Pembeli secara pribadi. Dalam hal Merchant tidak menerima pengembalian Produk, maka AKULAKU akan menghubungkan Pembeli kepada Service Center Produk.

5) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap permohonan pengembalian Produk yang disampaikan lebih dari jangka waktu 5 (lima) hari kalendar setelah Produk diterima Pembeli tidak dapat diproses AKULAKU dan merupakan tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

6) Pembeli dapat mengajukan permohonan pengembalian Produk dengan alasan:

a. Kesalahan pengiriman Produk oleh Merchant; dan/atau

b. Produk yang dikirim tidak sesuai dengan data, informasi dan deskripsi Produk sebagaimana diberikan Merchant dalam Aplikasi AKULAKU;

7) Produk yang diajukan permohonan pengembaliannya oleh Pembeli harus memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut:

a. Produk yang dikembalkan wajib berada dalam kondisi yang sama pada saat diterima oleh Pembeli, termasuk kemasan dan tag label (jika ada);

b. Produk wajib berada dalam kondisi yang baik, bersih, dan belum dipergunakan.

8) Merchant wajib memberikan respon terhadap permintaan pengembalian Produk dengan memberikan persetujuan atau penolakan terhadap permohonan dalam jangka waktu 1 (satu) hari kerja setelah permohonan diterima Merchant.

9) Proses pengembalian Produk akan dimulai setelah Merchant memberikan persetujuan terhadap permohonan pengembalian, dengan pengiriman kembali Produk oleh Pembeli ke alamat Merchant.

10) Pembeli memahami dan menyetujui dalam hal setelah Produk dikembalikan kepada Merchant, tidak ditemukan kondisi yang dijadikan dasar pengembalian Produk kepada Merchant, bahwa Merchant dapat menolak pengembalian, penukaran, maupun perbaikan Produk.

11) Merchant wajib mengembalikan pembayaran Produk yang telah diterima dalam waktu 3 (tiga) hari kerja sejak tanggal Produk dikirim oleh Pembeli kepada Merchant.

12) Dalam hal pengembalian Produk yang disetujui Merchant merupakan penukaran atau perbaikan Produk, Merchant akan mengirimkan kembali dengan biayanya sendiri Produk yang benar dan/atau yang telah diperbaiki kepada Pembeli.

13) Pengiriman Produk dalam proses pengembalian Produk merupakan tanggung jawab masing-masing Pembeli dan Merchant.

14) Dalam hal adanya kesalahan atau masalah keamana sehubungan dengan Produk, Merchant wajib melakukan proses penarikan atas keseluruhan Produk dan stok Produk yang ada dalam Aplikasi AKULAKU. Biaya-biaya terkait dengan penarikan tersebut seluruhnya ditanggung oleh Merchant.

15) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa permohonan pengembalian Produk tidak dapat diajukan atas dasar Pembeli berubah pikiran dan/atau Produk tidak sesuai harapan Pembeli.

16) Seluruh biaya pengembalian Produk ditanggung oleh Merchant, kecuali untuk pengiriman Produk pertama kali oleh Pembeli untuk diperiksa Merchant mengenai kondisi yang menjadi dasar pengembalian Produk.

17) Ketentuan pengembalian Produk tidak berlaku untuk Produk di bawah ini, kecuali dalam hal Produk rusak, tidak berfungsi atau telah terjadi kesalahan pengiriman:

a. Gadget dan Elektronik;

b. Lingerie dan Pakaian Dalam;

c. Pakaian Renang;

d. Produk Kecantikan;

e. Wewangian;

f. Produk yang dibuat sesuai pesanan (Customized Product);

g. Voucher Elektronik, Tiket, Reservasi Hotel, Tiket Pesawat, Tiket Konser dan pembelian Produk dan/atau pembayaran Produk tidak berwujud lainnya.

7. KETENTUAN PENGEMBALIAN DANA

1) Pengembalian dana kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:

a. Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas total harga Produk.

b. Merchant tidak dapat menyanggupi pesanan Pembeli karena kehabisan stok Produk maupun penyebab lainnya.

c. Produk tidak terkirim kepada Pembeli atas alasan apapun.

d. Pengembalian Produk sebagaimana diatur dalam Ketentuan Pengembalian Produk.

e. Apabila nominal pengembalian dana dibawah Rp. 50.000,- Pembeli sepakat bahwa pengembalian akan dilakukan dengan pembelian pulsa ke nomor yang ditunjuk oleh Pembeli, tanpa ada kewajiban lainnya.

2) Semua pengembalian dana akan dilakukan melalui mekanisme pembayaran, di mana pengembalian dana akan dilakukan melalui transfer bank ke rekening bank pribadi Pembeli dengan syarat rincian rekening bank yang diberikan kepada AKULAKU telah lengkap dan akurat. Kegagalan atau keterlambatan penerimaan pengembalian dana yang disebabkan karena kesalahan pemberian data rekening maupun perbedaan bank Pembeli dengan bank rekening AKULAKU adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

3) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa AKULAKU bekerjasama dengan pihak ketiga yaitu Xendit untuk melakukan pengembalian dana, dan AKULAKU dapat menggunakan data Pembeli bersama Xendit dengan tujuan melaksanakan pengembalian dana tersebut.

4) Pengembalian dana akan dilakukan dalam 7-10 hari kerja sejak permohonan pengembalian dana diterima dan diberikan persetujuan berdasarkan verifikasi AKULAKU.

5) Pembeli memahami dan menyetujui bahwa AKULAKU memiliki hak dan kewenangan untuk melakukan perubahan mekanisme pengembalian dana tanpa kewajiban pemberitahuan sebelumnya.

8. KETENTUAN PEMBATALAN

1) Apabila dalam 24 (dua puluh empat) jam sejak tanggal Pembeli memesan Produk belum dilakukan pembayaran dari Pembeli, pesanan akan dibatalkan secara otomatis.

2) Sebelum Merchant memberikan konfirmasi persetujuan pesanan Produk, Pembeli dapat membatalkan pesanan sewaktu-waktu dengan cara klik “Batalkan Pesanan” melalui Aplikasi AKULAKU dan memasukkan data rekening untuk memproses pengembalian dana.

3) Dalam hal pesanan sudah dalam status “Menunggu Pengiriman” maka proses pembatalan dapat dilakukan dengan proses pengembalian Produk, sesuai dengan syarat dan ketentuan Ketentuan Pengembalian Produk pada AKULAKU.

4) Merchant dapat membatalkan pesanan Produk sebelum status pesanan Produk “Dalam Pengiriman” apabila Produk yang dipesan tidak ada stok atau Produk cacat, dan akan dikenakan penalti sesuai dengan Ketentuan Penjualan AKULAKU.

5) AKULAKU memiliki hak dan kewenangan untuk membatalkan atau menahan pesanan apabila ditemukan adanya transaksi yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, atau terdapat indikasi kecurangan, manipulasi, maupun upaya pelanggaran hukum tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu, dan akan menghubungi Pembeli dan Merchant mengenai pembatalan ini setelah pembatalan dilakukan.

6) Dalam hal gagalnya pengiriman yang disebabkan Pembeli tidak berada di alamat pengiriman maupun Pembeli tidak dapat dihubungi, Produk akan dikembalikan kepada Penjual dan transaksi akan dibatalkan. Biaya Produk akan dikembalikan kepada Pembeli sesuai dengan Ketentuan Pengembalian Dana setelah dikurangi biaya pengiriman.

7) Ketentuan pembatalan tidak berlaku atas:

a. Produk yang dibuat sesuai pesanan (Customized Products);

b. Voucher elektronik, tiket elektronik, termasuk reservasi hotel, tiket pesawat dan tiket konser;

c. Produk lain yang tidak ada ketentuan pembatalan dalam deskripsi Produk.

9. KETENTUAN LAIN

1) Apabila User mempergunakan layanan Program Kredit Akulaku yang tersedia dalam Aplikasi AKULAKU maka User dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala Syarat dan Ketentuan Penggunaan dan Program Kredit. (insert link)

2) Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam Syarat dan Ketentuan dalam layanan Program Kredit Akulaku tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada Syarat dan Ketentuan AKULAKU secara umum.

10. BATASAN TANGGUNG JAWAB

AKULAKU selalu memberikan upaya terbaik untuk menjaga Aplikasi AKULAKU agar aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, namun AKULAKU tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Aplikasi AKULAKU dapat selalu sempurna.

User setuju bahwa pemanfaatan dan penggunaan Aplikasi AKULAKU adalah atas risiko User sendiri, dan layanan AKULAKU diberikan kepada User “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.

Sebatas diizinkan dalam hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, AKULAKU (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan Karyawan) tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

1) Penggunaan atau ketidakmampuan User dalam menggunakan Aplikasi AKULAKU.

2) Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam Aplikasi AKULAKU.

3) Keterlambatan atau gangguan dalam Aplikasi AKULAKU.

4) Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing User.

5) Kualitas Produk.

6) Pengiriman Produk.

7) Pelanggaran Hak Atas Kekayaan Intelektual.

8) Perselisihan antar User.

9) Pencemaran nama baik pihak lain.

10) Penyalahgunaan Produk yang dibeli User.

11) Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Virtual AKULAKU, yang dengan cara apapun mengatasnamakan AKULAKU ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.

12) Pengiriman untuk perbaikan Produk yang bergaransi resmi dari produsen. Pembeli dapat membawa Produk langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.

13) Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan dengan Aplikasi AKULAKU.

14) Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Aplikasi AKULAKU.

15) Kerusakan pada perangkat keras User dari pegngunaan Aplikasi AKULAKU.

16) Isi, tindakan atau tidak adanya dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam Aplikasi AKULAKU yang diduga palsu.

17) Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun User.

18) Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun User.

11. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Merchant menjamin bahwa Merchant tidak melanggar hak atas kekayaan intelektual pihak lain dalam melakukan penjualan Produk melalui Aplikasi AKULAKU. Merchant bersedia bertanggung jawab atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam menjual Produk dalam Aplikasi AKULAKU.

12. GANTI RUGI

User akan melepaskan AKULAKU dari tuntutan ganti rugi dan menjaga AKULAKU (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal User melanggar Perjanjian ini, penggunaan Aplikasi AKULAKU yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran User terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

13. PILIHAN HUKUM

Syarat dan Ketentuan ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. User sepakat bahwa AKULAKU mengatur mengenai mekanisme pelayanan dan penyelesaian pengaduan bagi User, sesuai dengan prinsip-prinsip perlindungan konsumen yang berlaku di Indonesia. User setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara musyawarah. Apabila sengketa tersebut tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari setelah persoalan yang diperselisihkan diberitahukan kepada Pihak lainnya oleh Pihak yang mengajukan atau mengemukakan sengketa dimaksud, maka akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Republik Indonesia.

14. PEMBAHARUAN

Syarat dan Ketentuan dapat diubah atau diperbaharui sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. User disarankan untuk selalu membaca dan memeriksa Syarat dan Ketentuan secara seksama dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan yang tersedia dalam aplikasi AKULAKU, maka User dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan.