SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN LAYANAN PEMBIAYAAN MULTIGUNA UNTUK PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN PEMBAYARAN SECARA ANGSURAN

Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian Layanan Pembiayaan multiguna untuk pembelian kendaraan bermotor dengan pembayaran secara angsuran (“Pembiayaan”) sehubungan dengan fasilitas pembiayaan yang disediakan oleh PT Akulaku Finance Indonesia (“Akulaku Finance”), lembaga jasa keuangan yang telah terdaftar, memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Syarat dan Ketentuan ini adalah bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Anda sebagai Pengguna dengan Akulaku Finance, Pengguna setuju untuk tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini maupun Kebijakan Privasi dan setiap perjanjian lainnya sehubungan dengan Layanan, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.

APABILA ANDA KEBERATAN ATAU TIDAK SETUJU ATAS SALAH SATU, SEBAGIAN, ATAU SELURUH ISI SYARAT DAN KETENTUAN INI, MAKA ANDA SETUJU UNTUK TIDAK AKAN MENGGUNAKAN LAYANAN PEMBIAYAAN YANG DISEDIAKAN OLEH AKULAKU FINANCE.


  1. DEFINISI

1)“Aplikasi” adalah aplikasi mobile yang memfasilitasi penggunaan Layanan Pembiayaan bagi Pengguna.

Data” adalah setiap data Pengguna baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan data atau informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung baik yang diberikan secara sukarela oleh Pengguna ataupun yang dikumpulkan oleh Akulaku Finance sejauh diziinkan oleh ketentuan Hukum termasuk namun tidak terbatas pada foto, Kartu Tanda Penduduk atau indentifikasi lainnya, sidik jari, tanda tangan dan data-data lain milik Pengguna.

2)“Hukum” adalah undang-undang, hukum, peraturan, dan perintah, yang berlaku, dalam yurisdiksi Republik Indonesia.

3)“Jangka Waktu” adalah periode pembayaran angsuran pokok dan bunga sebagaimana diajukan oleh Pengguna.

4)“Layanan” atau “Layanan Pembiayaan” berarti layanan atau metode pembiayaan multiguna untuk pembelian Kendaraan Bermotor dengan pembayaran secara angsuran yang tersedia dan ditawarkan oleh Akulaku Finance dan/atau mitra Pihak Ketiga yang merupakan lembaga jasa keuangan yang telah terdaftar dan/atau memiliki izin serta bekerjasama dengan Akulaku Finance.

5)“Nilai Pembiayaan” adalah jumlah pembayaran pembiayaan yang dapat digunakan oleh Pengguna dalam Layanan Pembiayaan, , yang pencairannya dilakukan untuk dan atas nama Pengguna kepada Merchant.

6)“Merchant” adalah penjual atau dealer yang terdaftar dan/atau pihak lain yang bekerjasama dengan Akulaku Finance yang melakukan penawaran dan/atau penjualan atas Kendaraan Bermotor kepada Pengguna.

7)Otoritas Jasa Keuangan atau “OJK” adalah lembaga yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan di Indonesia.

8)Otoritas Pemerintah” adalah pemerintah suatu negara atau suatu subdivisi politik (baik pusat, negara bagian atau lokal) yang meliputi: setiap kementerian, lembaga, otoritas, badan pengatur, pengadilan, bank sentral atau badan lain yang menjalankan kekuasaan eksekutif, legislatif, judisial, perpajakan, moneter atau administrasi atau badan yang memiliki fungsi yang berkaitan dengan pemerintah, sebagaimana diatur oleh Hukum di negara yang bersangkutan.

9)“Pajak” berarti segala bentuk perpajakan, pajak kekayaan, pengurangan, pajak potongan (withholding), bea, pembebanan, pungutan, biaya, ongkos, kontribusi jaminan sosial, pendapatan modal, pajak pertambahan nilai, dan suku bunga yang dikenakan, dipungut, ditagih, dipotong atau dinilai oleh Otoritas Pemerintah di Indonesia atau dimanapun dan bunga, pajak tambahan, penalti, biaya tambahan atau denda yang terkait dan “Perpajakan” akan diartikan dengan merujuk ke istilah Pajak.

10)“Pembayaran” adalah jumlah pembayaran kembali atas pokok pinjaman, bunga, biaya dan denda keterlambatan yang telah disetujui oleh Pengguna pada saat melakukan permohonan penggunaan Layanan Pembiayaan kepada Akulaku Finance, yang wajib dilunasi Pengguna setiap Tanggal Jatuh Tempo yang telah disepakati.

11)“Pengguna” adalah pengguna yang mendaftarkan diri pada Aplikasi dan menggunakan Layanan Pembiayaan.

12)“Perjanjian Pembiayaanadalah perjanjian pembiayaan Pembiayaan yang dibuat oleh dan antara Pengguna dengan Akulaku Finance.

13)Kendaraan Bermotor adalah kendaraan bermotor roda dua dan roda empat yang tersedia untuk dijual kepada Pengguna oleh Merchant yang bekerja sama dengan Akulaku Finance.

14)“Rekening Virtual Akulaku Finance” adalah rekening bersama yang disepakati oleh Akulaku Finance dan Pengguna untuk proses Pembayaran.

15)“SLIK” adalah Sistem Layanan Informasi Keuangan yang pengelolaannya dibawah tanggung jawab OJK yang bertujuan untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan, yang salah satunya berupa penyediaan informasi debitur (iDeb).

16)“Syarat dan Ketentuan” adalah Syarat dan Ketentuan ini, yang merupakan perjanjian antara Pengguna dan Akulaku Finance yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan Akulaku Finance, serta tata cara penggunaan Layanan Pembiayaan.

17)“Tanggal Jatuh Tempo” adalah batas waktu pembayaran angsuran pokok dan bunga kredit dan biaya lainnya yang menjadi kewajiban Pengguna.

  1. KETENTUAN PENGGUNA LAYANAN PEMBIAYAAN

1)Pengguna memahami bahwa Layanan Pembiayaan ini mencakup layanan pembiayaan multiguna dengan pembayaran secara angsuran untuk pembelian Kendaraan Bermotor, sesuai dengan Peraturan OJK No. 35 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan.

2)Nilai Pembiayaan yang diberikan kepada Pengguna tunduk pada ketentuan bagian 2.7 di bawah.

3)Untuk mendapatkan Layanan Pembiayaan, Pengguna mengajukan permohonan Layanan Pembiayaan kepada Akulaku Finance melalui Aplikasi, serta menjalani proses verifikasi Data serta informasi lainnya dalam rangka melaksanakan prinsip KYC sebagaimana disyaratkan oleh Akulaku Finance.

4)Untuk memenuhi keperluan verifikasi Data dan KYC terkait dengan pengajuan Layanan Pembiayaan, Pengguna setuju untuk membagikan seluruh Data sebagaimana dimintai oleh Akulaku Finance. Mohon merujuk kepada Kebijakan Privasi mengenai tindakan Akulaku Finance untuk melindungi Data Pengguna terkait pengalihan Data dalam hal ini.

5)Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Akulaku Finance secara sepihak dan atas diskresinya secara penuh, berhak untuk:

(ⅰ)menolak atau menerima permohonan Pengguna untuk menggunakan Layanan Pembiayaan berdasarkan diskresinya secara sepihak termasuk untuk sewaktu-waktu, mengubah kriteria penilaian tersebut;

(ⅱ)menentukan Nilai Pembiayaan yang akan diberikan kepada Pengguna untuk digunakan; dan

Pengguna memahami bahwa Nilai Pembiayaan diberikan kepada Pengguna berdasarkan penilaian atau perhitungan dengan cara apapun yang dilakukan oleh Akulaku Finance sesuai dengan upaya mitigasi risiko. Pengguna membebaskan dan melepaskan Akulaku Finance dari kewajiban untuk memberikan penjelasan atas penentuan, penolakan, dan/atau perubahan Nilai Pembiayaan yang diterima Pengguna dari waktu ke waktu.

6)Pengguna menyetujui bahwa sebelum menggunakan Layanan Pembiayaan, Pengguna akan mengikatkan diri dalam Perjanjian Pembiayaan dengan Akulaku Finance dalam bentuk yang ditentukan oleh Akulaku Finance dan dapat ditandatangani secara elektronik yang tersertifikasi, berdasarkan ketentuan yang tertera dalam Perjanjian Pembiayaan dan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini.

7)Sepanjang tidak merugikan hak-hak Pengguna mengenai rincian biaya atas Layanan Pembiayaan yang telah dimohonkan dan disetujui oleh Akulaku Finance, Pengguna dengan ini setuju bahwa Akulaku Finance dapat mengalihkan kewajiban untuk memberikan Layanan Pembiayaan kepada pihak ketiga lain yang telah bekerja sama dengan Akulaku Finance. Dengan demikian, Pengguna memahami dan setuju bahwa hak tagih atas Layanan Pembiayaan oleh Akulaku Finance berdasarkan Perjanjian Pembiayaan kepada Pengguna dapat beralih kepada kreditur lain setelah Layanan Pembiayaan digunakan oleh Pengguna, tanpa pemberitahuan ataupun persetujuan terlebih dahulu dari Pengguna. Untuk menghindari keraguan, Pengguna akan menerima pemberitahuan dalam bentuk yang telah ditentukan oleh Akulaku Finance, mengenai pengalihan hak tagih atas Perjanjian Pembiayaan tersebut dan pengalihan hak tagih sebagaimana disebutkan tidak mempengaruhi jumlah fasilitas yang dapat diterima Pengguna, maupun pencairannya dan/atau hak-hak Pengguna lainnya berdasarkan Perjanjian Pembiayaan .

8)Pengguna akan menerima salinan Perjanjian Pembiayaan dalam bentuk yang telah ditentukan oleh Akulaku Finance. Salinan Perjanjian Pembiayaan sebagaimana dimaksud akan dikirimkan kepada Pengguna melalui email yang terdaftar pada Aplikasi atau dengan cara lain yang dianggap wajar oleh Akulaku Finance.

  1. MASA BERLAKU

Syarat dan Ketentuan ini berlaku mulai dari tanggal permohonan Layanan Pembiayaan oleh Pengguna sampai dengan diakhirinya Syarat dan Ketentuan ini sesuai dengan ketentuan Pasal 9 Syarat dan Ketentuan ini.

  1. PERNYATAAN DAN JAMINAN

Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin kepada Akulaku Finance, selama menggunakan Layanan Pembiayaan, bahwa pernyataan dibawah ini merupakan benar, lengkap, akurat dan tidak menyesatkan dalam hal apapun:

1)Pengguna adalah pribadi yang cakap di mata hukum dan mampu mengikatkan dirinya dalam perjanjian yang sah, dapat menuntut dan dituntut atas namanya sendiri dan memiliki asetnya sendiri, menurut Hukum yang berlaku di Republik Indonesia;

2)Pengguna memiliki kekuasaan untuk menyepakati dan melaksanakan, dan telah mengambil segala tindakan dan persetujuan yang diperlukan agar ia berwenang untuk menyepakati, dan melaksanakan, ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini serta Perjanjian Pembiayaan, termasuk namun tidak terbatas pada persetujuan pasangan, apabila berlaku;

3)Pengguna memahami bahwa Nilai Pembiayaan yang ditentukan terhadap Pengguna merupakan fasilitas pembiayaan untuk pembelian Kendaraan Bermotor untuk pemakaian/konsumsi dan bukan untuk keperluan usaha atau aktivitas produktif;

4)Penandatanganan dan pelaksanaan oleh Pengguna atas Syarat dan Ketentuan ini, dan transaksi-transaksi yang diatur oleh atau sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini dimana Pengguna menjadi pihak, tidak dan tidak akan bertentangan dengan Hukum yang berlaku atasnya atau terhadap asetnya atau setiap perjanjian yang mengikat pada dirinya;

5)Tidak ada proses perkara hukum atau tata cara proses perkara hukum atau tata cara atau langkah lainnya yang diambil (termasuk pembuatan permohonan, pengajuan petisi, pengajuan atau pemberian pemberitahuan atau pengambilan keputusan) sehubungan dengan penundaan kewajiban pembayaran utang, kepailitan, moratorium utang; penunjukkan kurator, compulsory manager, wali amanat/trustee, atau pejabat serupa lainnya atau tata cara atau langkah serupa yang diambil di yurisdiksi manapun; atau langkah lain tindakan eksekusi oleh para kreditur dalam bentuk pengambilalihan secara paksa, sita, penyitaan, penahanan atau eksekusi atau proses yang serupa di yurisdiksi manapun yang mempengaruhi aset atau aset-aset milik;

6)Seluruh Data dan informasi yang diberikan oleh Pengguna kepada Akulaku Finance, termasuk Data yang digunakan untuk mendaftarkan diri pada Aplikasi adalah benar, akurat, lengkap, terkini dan tidak menyesatkan; dan

7)Pengguna adalah pemilik dari semua Data yang diungkapkan dan disampaikan kepada Akulaku Finance, dan tidak ada dari Data tersebut yang merupakan hak milik pihak lainnya atau dapat melanggar hak dari pihak lainnya manapun.

  1. KETENTUAN LAYANAN PEMBIAYAAN

1)Pengguna menyetujui bahwa Nilai Pembiayaan hanya dapat digunakan apabila Pengguna telah disetujui untuk menerima Layanan Pembiayaan. Pengunaan tersebut terbatas pada Nilai Pembiayaan yang diberikan kepada Pengguna sesuai dengan Perjanjian Pembiayaan dan Syarat dan Ketentuan ini.

2)Pemilihan Jangka Waktu Layanan Pembiayaan merupakan tanggung jawab Pengguna secara pribadi. Pengguna memahami dan setuju bahwa Akulaku Finance berhak menolak Jangka Waktu yang dipilih oleh Pihak Pertama.

3)Akulaku Finance berhak dengan diskresi penuh menentukan nilai pembayaran di muka (down payment) atas Kendaraan Bermotor. Pengguna wajib untuk membayarkan pembayaran dimuka (down payment) kepada Merchant dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak penandatanganan Perjanjian Pembiayaan. Dalam hal Pengguna belum membayarkan pembayaran dimuka (down payment) dalam batas waktu tersebut, Pengguna setuju bahwa pesanan pembelian Kendaraan Bermotor akan dibatalkan secara otomatis dan Akulaku Finance tidak akan diwajibkan untuk memberikan Pembiayaan untuk pembelian Kendaraan Bermotor tersebut.

4)Dalam hal Pengguna telah melakukan pembayaran dimuka (down payment) sesuai dengan ketentuan Bagian 5.3 di atas namun pembelian Kendaraan Bermotor tidak dapat dilakukan dengan alasan termasuk namun tidak terbatas pada Merchant menolak atau membatalkan pesanan karena ketidakmampuan Merchant untuk memenuhi pesanan, Pengguna setuju bahwa pesanan pembelian Kendaraan Bermotor akan dibatalkan dan Akulaku Finance tidak akan diwajibkan untuk memberikan Pembiayaan untuk pembelian Kendaraan Bermotor tersebut. Pengembalian pembayaran dimuka (down payment) akan diselesaikan secara langsung oleh Merchant dan Pengguna, dan karenanya Pengguna dengan ini membebaskan Akulaku Finance atas segala permasalahan yang timbul pada proses pengembalian pembayaran dimuka (down payment) oleh Merchant.

5)Dengan tunduk pada syarat dan ketentuan pada Perjanjian Pembiayaan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa:

a. Pengguna wajib melakukan pembayaran angsuran pokok dan bunga Layanan Pembiayaan pada atau sebelum Tanggal Jatuh Tempo kepada Akulaku Finance, sesuai dengan Perjanjian Pembiayaan.

b. Dalam hal Pengguna terlambat dalam melakukan pembayaran angsuran pokok dan bunga Layanan Pembiayaan, Pengguna akan dikenakan denda keterlambatan sesuai ketentuan Perjanjian Pembiayaan dengan Akulaku Finance, yang akan ditagihkan pada Tanggal Jatuh Tempo selanjutnya secara kumulatif.

c. Dalam hal terjadinya kelebihan pembayaran angsuran pokok dan bunga pada saat Pembayaran, kelebihan tersebut akan dialokasikan untuk pembayaran angsuran pokok dan bunga bulan berikutnya.

d. Tanggal Jatuh Tempo diinformasikan kepada Pengguna pada saat permohonan penggunaan Layanan Pembiayaan diterima dan wajib ditaati sampai dengan pelunasan.

e. Dalam hal terjadi penagihan kepada Pengguna oleh Akulaku Finance, biaya terkait penagihan tersebut merupakan tanggung jawab Pengguna secara pribadi.

6)Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala pembayaran angsuran pokok dan bunga selain melalui Rekening Virtual Akulaku Finance dan/atau tanpa sepengetahuan Akulaku Finance (melalui pesan pribadi, korespondensi via telepon dengan nomor pribadi, atau upaya lainnya) merupakan tanggung jawab pribadi Pengguna.

7)Akulaku Finance memiliki hak dan kewenangan untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu termasuk namun tidak terbatas pada pembayaran yang dilakukan selain melalui Rekening Virtual Akulaku Finance atau pembayaran angsuran lebih awal sebelum jatuh tempo tanpa pemberitahuan dan persetujuan dari Akulaku Finance.

8)Pengguna menyetujui untuk tidak mengungkapkan atau menyerahkan bukti pembayaran angsuran pokok dan bunga kepada pihak lain selain Akulaku Finance. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran oleh Pengguna kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pengguna.

9)Pengguna memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank Pengguna dengan bank Rekening Virtual Akulaku Finance adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.

10)Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk setiap informasi kredit yang masih berjalan atas nama Pengguna akan dan berhak dilaporkan oleh Akulaku Finance setiap bulan melalui laporan bulanan yang wajib dilaporkan oleh Akulaku Finance sesuai dengan Hukum dan instruksi dari OJK atau Otoritas Pemerintah.

  1. PENGELOLAAN RISIKO

1)Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna memberikan persetujuan kepada Akulaku Finance, untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

a. mengambil, menyimpan, mengolah, baik secara sendiri ataupun oleh mitra atau afiliasi Akulaku Finance, Data dan informasi Pengguna, sehubungan dengan pemberian Layanan Pembiayaan oleh Akulaku Finance dan/atau mitra Akulaku Finance;

b. mengalihkan kepada mitra atau afiliasi Akulaku Finance, Data pribadi Pengguna, sehubungan dengan piutang dalam penggunaan Layanan Pembiayaan dan/atau kegiatan usaha lainnya Akulaku Finance atau afiliasi lain dari Akulaku Finance, termasuk namun tidak terbatas pada penagihan;

c. mengalihkan Data Pengguna sebagaimana diminta oleh kreditur lain yang memberikan Layanan Pembiayaan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan bagian 2.7 Syarat dan Ketentuan ini, untuk kemudian disimpan, diolah maupun digunakan sebagaimana mestinya termasuk namun tidak terbatas untuk melakukan pengecekan riwayat kredit atau data kredit Pengguna melalui aplikasi SLIK atau ke kredit biro tertentu yang berwenang dan ataupun ke pihak ketiga lain dalam rangka verifikasi dan penilaian Data sebelum menyetujui permohonan pemberian Nilai Pembiayaan;

d. menghubungi Pengguna untuk melakukan verifikasi melalui telepon dan media lain sebagaimana diperlukan Akulaku Finance;

e. melakukan pengecekan ke dan pengambilan, penyimpanan, pengolahan dan pengalihan data dari akun sosial media yang diberikan oleh Pengguna untuk mengidentifikasi, menggunakan dan menyimpan Data Pengguna;

f. berdasarkan persetujuan Pengguna, melakukan pengecekan ke dan pengambilan, penyimpanan, pengolahan dan pengalihan data dari perangkat gadget yang digunakan Pengguna yang digunakan untuk menggunakan Aplikasi, khususnya pada lokasi GPS, kamera, microphone;

g. melengkapi data-data yang diperlukan sesuai dengan aturan dari OJK atau Otoritas Pemerintah sepanjang Pengguna tidak dapat melengkapi data tersebut dan dapat diubah selanjutnya oleh Pengguna sendiri melalui prosedur yang saat ini berlaku di Akulaku Finance, dan dengan Pengguna tetap sepenuhnya menjadi tanggung jawab atas ketepatan dan keakuratan data tersebut;

h. berdasarkan diskresi penuh dari Akulaku Finance, untuk mendaftarkan Pengguna kepada penyelenggara tanda-tangan elektronik tertentu yang bekerjasama dengan Akulaku Finance, dimana Pengguna juga menyatakan setuju untuk dibuatkan data pembuatan tanda tangan elektronik oleh penyelenggara tanda tangan elektronik yang tersertifikasi sesuai peraturan perundang-undangan. Pengguna juga memberikan kuasa kepada Akulaku Finance untuk meneruskan data KTP, swafoto, nomor ponsel, dan alamat surat elektronik (email) serta informasi lain mengenai Pengguna sebagai data pendaftaran penyelenggara tanda tangan elektronik tersertifikasi yang menjadi mitra Akulaku Finance, termasuk tetapi tidak terbatas penyelenggara tanda-tangan elektonik lainnya yang telah memiliki izin; dan

i. melakukan tindakan-tindakan lain yang diperlukan untuk pelaksanaan keberlakuan Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi, dan setiap perjanjian lainnya sehubungan dengan Layanan Pembiayaan yang dapat ditandatangani antara Pengguna dan Akulaku Finance, sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

2)Dalam hal ditemukan oleh Akulaku Finance bahwa Data yang diajukan Pengguna untuk menggunakan Layanan Pembiayaan adalah tidak akurat, palsu dan/atau dipalsukan oleh Pengguna, maka Akulaku Finance memiliki hak untuk:

a. menolak permohonan penggunaan Layanan Pembiayaan;

b. membatalkan penggunaan Layanan Pembiayaan yang telah berjalan;

c. mencabut akses Pengguna ke penggunaan Layanan Pembiayaan dan Aplikasi; dan/atau

d. melakukan tindakan lainnya yang diperlukan sepanjang tidak bertentangan dengan Hukum yang berlaku.

3)Tanpa mengesampingkan alasan di atas, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Akulaku Finance memiliki hak dan kewenangan penuh untuk menolak maupun menghentikan pemberian Layanan Pembiayaan kepada Pengguna, tanpa memerlukan pemberitahuan dan/atau persetujuan terlebih dahulu.

  1. KETENTUAN LAIN

1)Pengguna tidak dapat mengalihkan hak atau kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini tanpa persetujuan dari Akulaku Finance.

2)Apabila, sewaktu-waktu, ketentuan apapun dalam Syarat dan Ketentuan ini adalah atau menjadi tidak sah, tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan dalam hal apapun berdasarkan hukum apa pun dari yurisdiksi mana pun, baik keabsahan, keberlakuan atau dapat dilaksanakannya ketentuan yang tersisa maupun keabsahan, keberlakuan atau dapat dilaksanakannya ketentuan tersebut berdasarkan hukum yurisdiksi lainnya tidak akan terpengaruh atau terganggu.

3)Tidak ada kegagalan untuk melaksanakan, ataupun penundaan dalam melaksanakan, dari sisi Akulaku Finance, setiap hak atau upaya hukum berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini yang akan berlaku sebagai pengesampingan hak atau upaya hukum tersebut. Setiap pengesampingan hak atau upaya hukum oleh Akulaku Finance hanya akan berlaku apabila dibuat secara tertulis. Pelaksanaan satu atau sebagian dari hak atau upaya hukum tidak akan mencegah pelaksanaan yang dilakukan lebih lanjut atau pelaksanaan lainnya atau pelaksanaan hak atau upaya hukum lainnya. Hak dan upaya hukum yang diberikan dalam Syarat dan Ketentuan ini bersifat kumulatif dan tidak mengecualikan setiap hak atau upaya hukum yang diberikan berdasarkan Hukum.

  1. PAJAK

Pengguna dan Akulaku Finance akan bertanggung jawab atas setiap kewajiban pembayaran Pajak yang timbul dan berkenaan dengannya sesuai dengan ketentuan Hukum yang berlaku.

  1. PENGAKHIRAN

1)Syarat dan Ketentuan ini akan berakhir dengan diakhirinya Layanan Pembiayaan kepada Pengguna atas persetujuan tertulis Pengguna untuk menutup akunnya dalam Aplikasi, dengan ketentuan tidak ada kewajiban Pengguna (termasuk kewajiban Pembayaran) yang masih terutang terhadap Akulaku Finance. Berakhirnya Syarat dan Ketentuan ini sesuai dengan ketentuan ayat ini akan berlaku efektif pada tanggal dibuatnya pernyataan tertulis oleh Akulaku Finance bahwa persyaratan pengakhiran sesuai dengan ayat ini telah dipenuhi.

2)Terlepas dari ketentuan poin 1 di atas, Akulaku Finance dapat secara sepihak mengakhiri Syarat dan Ketentuan ini pada setiap saat dengan pemberitahuan 3 (tiga) hari sebelumnya kepada Pengguna apabila:

(ⅰ)Pengguna melanggar ketentuan Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi dan/atau setiap perjanjian lainnya sehubungan dengan Layanan Pembiayaan yang dapat ditandatangani antara Pengguna dan Akulaku Finance;

(ⅱ)akan menjadi melanggar Hukum bagi Akulaku Finance untuk melanjutkan pemberian Layanan Pembiayaan kepada Pengguna sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini; dan/atau

(ⅲ)Akulaku Finance tidak lagi memiliki izin untuk melakukan kegiatan usaha sebagai perusahaan pembiayaan dari OJK atau izin sebagai lembaga jasa keuangan dari Otoritas Pemerintah terkait.

3)Dalam hal pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini, Akulaku Finance dapat menghentikan pemberian Layanan Pembiayaan kepada Pengguna.

4)Pengguna dan Akulaku Finance setuju untuk mengesampingkan berlakunya ketentuan pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sejauh mengenai diperlukannya putusan pengadilan sehubungan dengan pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini.

  1. PEMBAHARUAN

Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah atau diperbaharui sewaktu-waktu dan Pengguna disarankan untuk selalu membaca dan memeriksa Syarat dan Ketentuan secara seksama dari waktu ke waktu. Akulaku Finance akan selalu memberitahukan Pengguna terlebih dahulu sehubungan dengan perubahan apa pun terhadap Syarat dan Ketentuan ini melalui email Pengguna yang terdaftar pada Aplikasi atau dengan cara lain yang wajar, termasuk mengunggah pemberitahuan perubahan tersebut di Aplikasi. Namun, perubahan dapat segera berlaku tanpa pemberitahuan sebelumnya jika pemberitahuan telrlebih dahulu dianggap tidak memungkinkan, bagi Pengguna atau diwajibkan secara hukum. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Pembiayaan, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan ini.