Syarat & Ketentuan Penggunaan Fitur Token Akses

Pembaharuan Terakhir: [2021-12-30]

Penggunaan fitur token akses untuk integrasi login (“Token Akses”) adalah fitur login demi kenyamanan anda dalam menggunakan fitur pembayaran yang disediakan oleh PT Akulaku Finance Indonesia (“Pembayaran AKULAKU”) dalam proses pembayaran atas pembelian produk pada aplikasi situs belanja online yang memiliki kerja sama dengan PT Akulaku Finance Indonesia(“Aplikasi Belanja”).

Dengan menggunakan fitur Pembayaran AKULAKU pada Aplikasi Belanja, Pengguna memiliki opsi untuk menggunakan fitur Token Akses, dimana setelah integrasi Token Akses telah berhasil dilakukan, Pengguna tidak perlu melakukan login pada Aplikasi AKULAKU untuk tujuan Pembayaran Akulaku pada Aplikasi Belanja.

Berikut syarat dan ketentuan mengenai kewajiban dan pernyataan pengguna fitur Token Akses, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kebijakan Privasi dan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi AKULAKU:

  1. Untuk menggunakan fitur Token Akses, pengguna fitur Token Akses (“Pengguna”)menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna yang telah diotorisasi pengikatannya antara akun AKULAKU dan akun Aplikasi Belanja adalah orang yang sama, serta memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk melaksanakan ketentuan ini.
  2. Setelah menyetujui fitur Token Akses, Pengguna akan menerima salah satu atau berbagai kode verifikasi keamanan, termasuk namun tidak terbatas pada kode OTP (one time password) baik melalui SMS atau saluran media lainnya, verifikasi suara, 4 (empat) digit terakhir Nomor Induk Kependudukan (NIK) Pengguna. Pengguna wajib untuk mengamankan kerahasiaan kode verifikasi keamanan tersebut, dan wajib untuk memasukkan kode tersebut pada kolom yang disediakan sebagai bukti autentikasi dan persetujuan yang diberikan oleh Pengguna.
  3. Sehubungan dengan metode verifikasi sebagaimana dijelaskan pada poin 2 diatas, Pengguna setuju bahwa AKULAKU memiliki kewenangan penuh untuk menentukan metode verifikasi yang akan diterapkan kepada Pengguna berdasarkan metode pengendalian risiko AKULAKU.
  4. Pengguna memahami bahwa fitur Token Akses bertujuan untuk memudahkan Pengguna apabila Pengguna hendak melakukan transaksi melalui Aplikasi Belanja dengan metode Pembayaran AKULAKU. Berdasarkan persetujuan Pengguna, Pengguna dapat memberikan akses ataupun otorisasi lainnya kepada Aplikasi AKULAKU untuk meneruskan pembayaran kepada Aplikasi Belanja yang bersifat sekali lunas atau pembayaran jenis lainnya yang disetujui oleh Pengguna.
  5. Dengan menggunakan fitur Token Akses, Pengguna setuju untuk mengizinkan Aplikasi Belanja untuk melakukan pencocokan data dan pengecekan limit saldo Pembayaran AKULAKU yang dimiliki oleh Pengguna pada Aplikasi AKULAKU.
  6. Pengguna berhak untuk melakukan permohonan penghapusan fitur Token Akses AKULAKU atau situs Belanja melalui permohonan pada Aplikasi AKULAKU atau Aplikasi Belanja.
  7. Dengan tidak mengesampingkan ketentuan-ketentuan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini, dalam menggunakan fitur Token Akses, Pengguna wajib untuk:

a.Memastikan dan menjaga kerahasiaan data Pengguna dalam Aplikasi AKULAKU dan Aplikasi Belanja;

b.Memastikan bahwa pemilik Akun Aplikasi Belanja dan Akun Aplikasi AKULAKU adalah orang yang sama;

c.Tidak menggunakan Pembayaran AKULAKU untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan orang lain, penipuan, tindakan pencucian uang, maupun tindakan-tindakan lain yang tidak sah dan/atau melanggar hukum.

8.Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Pengguna menyatakan bahwa:

a.Aplikasi AKULAKU berhak mengubah atau menyesuaikan pengaturan teknis terkait dengan fitur Token Akses dan juga Pembayaran AKULAKU sesuai dengan kebijakan otoritas terkait dari waktu ke waktu;

b.Pengguna melepaskan AKULAKU dari tanggung jawab atas:

(i) Segala kerugian yang timbul sehubungan dengan penyalahgunaan data Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna maupun pihak lain;

(ii) Segala kerugian akibat kelalaian Pengguna dalam mengamankan kerahasiaan informasi data Pengguna, kode OTP dan/atau verifikasi keamanan lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada kejadian-kejadian termasuk kehilangan, kerusakan, penyalahgunaan atau pemalsuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab;

(iii) Kegagalan pembayaran yang disebabkan oleh ditolaknya pembayaran oleh AKULAKU ataupun pihak lain selain dari kesalahan sistem AKULAKU;

(iv) Segala klaim, gugatan dan/atau tuntutan sehubungan dengan ketentuan Syarat dan Ketentuan ini; dan/atau

(v) Kesalahan dan/atau kelalaian yang dilakukan oleh Pengguna, ataupun pihak ketiga lainnya kecuali apabila dapat dibuktikan bahwa kesalahan dan/atau kelalaian tersebut timbul karena kesalahan dan/atau kelalaian tunggal oleh AKULAKU.

Dengan menggunakan Layanan fitur Token Akses ini, Pengguna dengan ini menyatakan telah memahami sepenuhnya manfaat, fitur dan risiko terkait fitur Token Akses serta tunduk dan terikat pada isi Syarat dan Ketentuan penggunaan fitur Token Akses di atas. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah atau diperbaharui sewaktu-waktu dan Pengguna disarankan untuk selalu membaca dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini secara seksama dari waktu ke waktu. AKULAKU akan selalu memberitahukan Pengguna terlebih dahulu sehubungan dengan perubahan apapun terhadap Syarat dan Ketentuan ini melalui email Pengguna yang terdaftar di Aplikasi AKULAKU atau dengan cara lain yang wajar, termasuk mengunggah pemberitahuan perubahan tersebut di Aplikasi AKULAKU. Namun, perubahan dapat segera berlaku tanpa pemberitahuan sebelumnya jika pemberitahuan terlebih dahulu dianggap tidak memungkinkan bagi Pengguna atau diwajibkan secara hukum.