SYARAT DAN KETENTUAN PROGRAM PINJAMAN AGUNAN BPKB

Pada saat berpartisipasi dalam Program (sebagaimana disebutkan di bawah), Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa telah membaca dengan teliti, memahami, menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan yang akan berlaku sebagai perjanjian antara Pengguna dengan PT Akulaku Silvrr Indonesia (selanjutnya disebut dengan “AKULAKU”).

AKULAKU berhak sewaktu-waktu mengubah, menambah, mengurangi mengganti, menyesuaikan, dan/atau memodifikasi Syarat dan Ketentuan yang berlaku baik sebagian maupun seluruhnya. Perubahan, penambahan, pengurangan, penggantian, penyesuaian tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan terikat dengan Syarat dan Ketentuan ini.

APABILA ANDA MERASA KEBERATAN DAN/ATAU TIDAK SETUJU ATAS SALAH SATU, SEBAGIAN, ATAU SELURUH ISI SYARAT DAN KETENTUAN PROGRAM, MAKA ANDA SETUJU UNTUK TIDAK AKAN BERPARTISIPASI DALAM PROGRAM.

I.Definisi

  1. AKULAKU”adalah PT Akulaku Silvrr Indonesia, suatu penyelenggara platform digital dengan tujuan komersial melalui sistem elektronik berbentuk aplikasi mobile .
  2. Aplikasi AKULAKU” adalah marketplacedalam bentuk aplikasi mobile yang memfasilitasi penjual untuk memasarkan produk dan pembeli untuk mendapatkan produk dengan opsi fasilitas keuangan yang disediakan oleh Mitra AKULAKU melalui Aplikasi AKULAKU.
  3. Halaman Program” adalah halaman Aplikasi AKULAKU untuk mengakses informasi Program, yang dapat diakses Pengguna dengan klik “Akun” – “Pinjaman Agunan BPKB”.
  4. Hukum yang Berlaku” adalah ketentuan hukum yang berlaku berdasarkan yurisdiksi Republik Indonesia.
  5. Mitra” adalah pihak ketiga yang menyediakan fasilitas pendanaan dalam bentuk pinjaman tunai dalam Program.
  6. Pengguna” atau “Anda” adalah pihak yang telah mengunduh, mendaftarkan diri dan menggunakan Aplikasi AKULAKU beserta semua fitur-fitur di dalamnya, yang dalam hal ini akan, sedang atau telah menggunakan fasilitas Program.
  7. “Program Pinjaman Agunan BPKB” atau “Program” adalah layanan permohonan fasilitas pendanaan pada Aplikasi AKULAKU, dengan fasilitas pendanaan yang disediakan dan disalurkan oleh Mitra dalam bentuk pinjaman tunai dengan jaminan bukti kepemilikan kendaraan, yang mana AKULAKU hanya bertindak sebagai perantara yang menghubungkan Pengguna dengan Mitra.
  8. Syarat dan Ketentuan” adalah Syarat dan Ketentuan Program Pinjaman Agunan BPKB ini yang mana merupakan perjanjian antara Pengguna dengan AKULAKU yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dengan dan AKULAKU, serta tata cara penyelengaraan Program.

 

II.Lingkup

Syarat dan Ketentuan ini berlaku terhadap seluruh Pengguna, khususnya Anda selaku Pengguna yang berpartisipasi dalam Program, dan terhadap setiap orang yang menyampaikan permintaan atas informasi Program kepada AKULAKU. Dengan berpartisipasi dalam Program, Anda menyatakan setuju dan menerima Syarat dan Ketentuan ini.

 

III.Ketentuan Umum

  1. Anda dengan ini menyatakan bahwa Anda adalah pihak yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut ketentuan Hukum yang Berlaku serta menjalankan Syarat dan Ketentuan ini dengan itikad baik.
  2. Anda dengan ini memahami dan menyetujui bahwa Anda harus berpartisipasi dalam Program secara mandiri tanpa diwakilkan oleh orang lain.
  1. Anda dengan ini memahami dan menyetujui bahwa Anda berpartisipasi dalam Program tanpa paksaan, ancaman, tipuan atau tindakan apapun dari AKULAKU yang melanggar Hukum yang Berlaku, sehingga Anda dengan ini menyatakan bersedia untuk membebaskan AKULAKU dari tuntutan atau gugatan apapun dari pihak manapun atas dasar tindakan-tindakan tersebut.
  1. Dengan menggunakan fasilitas pendanaan Program, Anda dengan ini memahami dan menyetujui bahwa Anda akan menjalankan segala kewajiban yang timbul akibat penggunaan produk Mitra dengan itikad baik, termasuk namun tidak terbatas pada kewajiban untuk melakukan pelunasan pinjaman sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Mitra yang bersangkutan.
  1. Anda dengan ini menyatakan bahwa akun Aplikasi AKULAKU yang digunakan Anda untuk berpartisipasi dalam Program ini adalah milik Anda sendiri, dan Anda dengan ini menyatakan bersedia untuk membebaskan AKULAKU dari tuntutan atau gugatan apapun dari pihak manapun atas penyalahgunaan akun tersebut.
  1. AKULAKU berhak untuk memantau, menyaring atau mengontrol setiap kegiatan, isi atau materi pada Program, termasuk untuk meningkatkan, memodifikasi, menghentikan sementara, menghentikan penyediaan, menghapus, baik secara keseluruhan atau sebagian dari Program, tanpa memberikan alasan dan pemberitahuan sebelumnya.
  1. AKULAKU tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan dan/atau ketentuan Hukum yang Berlaku, termasuk namun tidak terbatas penutupan akses kepada Program, penutupan Halaman Program, penghapusan akun Aplikasi AKULAKU Anda, dan/atau melakukan penanganan pelanggaran melalui jalur hukum.
  1. Anda bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga akun Aplikasi AKULAKU miliknya untuk semua aktivitas Program yang terjadi, termasuk namun tidak terbatas pada keamanan jaringan yang digunakan, serta kemanan pada perangkat yang digunakan.
  1. Anda dengan ini memahami, menyetujui dan menyatakan bahwa AKULAKU tidak bertanggungjawab atas kerugian atau kerusakan dalam bentuk apapun yang timbul dari penyalahgunaan akun Pengguna dalam Program.
  1. Anda memahami dan menyetujui bahwa setiap kerugian yang timbul akibat dari kelalaian Anda, termasuk namun tidak terbatas pada penyalahgunaan akun dan/atau Program, klaim, somasi, gugatan, tuntutan dan/atau upaya lainnya yang diajukan pihak ketiga bukan merupakan tanggung jawab AKULAKU.

 

IV.Akses kepada Program

  1. Dengan berpartisipasi dalam Program ini, Pengguna dapat mengakses fasilitas pendanaan dalam Program, yang mana penggunaan fasilitas pendanaan tersebut tunduk sepenuhnya pada syarat dan ketentuan dan kebijakan apapun yang ditetapkan oleh Mitra yang bersangkutan.
  1. AKULAKU akan melakukan proses verifikasi awal atas data Pengguna dan membantu merekomendasikan Mitra yang sesuai kepada Pengguna. Halaman Program akan menampilkan beberapa pilihan Mitra yang dapat dipilih oleh Pengguna, Pengguna dapat memilih untuk mengajukan fasilitas pendanaan ke Mitra yang diinginkan atau memilih untuk tidak melanjutkan proses pengajuan.
  1. Setelah Pengguna mengikuti verifikasi awal, memilih Mitrayang diinginkan, dan menekan tombol pengajuan dari Halaman Program, maka proses selanjutnya tidak dilakukan oleh AKULAKU lagi, melainkan Mitra akan menghubungi Pengguna secara langsung untuk melakukan verifikasi lanjutan atau proses lainnya sesuai dengan kebijakan Mitra yang bersangkutan.
  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa AKULAKU hanya bertindak sebagai platformyang menyediakan kanal atas fasilitas pendanaan Mitra, sehingga segala proses verifikasi lanjutan terhadap Pengguna yang dilakukan oleh Mitra termasuk namun tidak terbatas pada customer due diligence (CDD), keputusan penerimaan atau penolakan atas permohonan fasilitas pendanaan yang diajukan oleh Pengguna, pemrosesan jaminan Pengguna, penyaluran dana atas fasilitas pendanaan yang telah disetujui oleh Mitra kepada Pengguna, dan penagihan serta penerimaan pembayaran kembali atas tagihan dari fasilitas pendanaan Mitra, sepenuhnya merupakan kewenangan, tanggung jawab, dan/atau kewajiban dari Mitra, dan AKULAKU tidak bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Sehingga Anda dengan ini menyatakan bersedia untuk membebaskan AKULAKU dari tuntutan atau gugatan apapun dari pihak manapun atas dasar tindakan-tindakan di atas dan permasalahan apapun yang timbul antara Anda dengan Mitra pada kemudian hari (jika ada).

 

V.Lain-lain

  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa dalam pelaksanaan Program, AKULAKU mungkin perlu untuk memproses dan meneruskan data pribadi teknis Pengguna kepada Mitra.
  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa dalam pelaksanaan Program, AKULAKU perlu untuk memproses dan meneruskan informasi Pengguna berupa hasil evaluasi dari verifikasi awal.
  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa dalam pelaksanaan Program, AKULAKU perluuntuk melakukan verifikasi awal atas informasi-informasi diri Pengguna, sehubungan dengan itu, Pengguna dengan ini menyatakan setuju untuk memberikan data-data milik Pengguna seperti foto KTP, foto BPKB atau mengisi informasi yang diperlukan lainnya. Apabila Pengguna tidak bersedia untuk memberikan data-data sebagaimana yang ditampilkan dalam Halaman Program, Pengguna dapat memilih untuk tidak melanjutkan Program.
  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa AKULAKU dan Mitra dapat menyimpan informasi perangkat Pengguna sesuai dengan Kebijakan Privasi AKULAKU dan kebijakan privasi yang ditetapkan oleh Mitra.
  1. AKULAKU tidak dapat memperoleh, melihat, mengakses, dan/atau menyimpan segala data atau informasi yang diberikan oleh Pengguna secara langsung kepada Mitra atas pengajuan permohonan fasilitas pendanaan dalam Program. Perolehan dan penggunaan data tersebut akan tunduk pada syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi yang ditetapkan oleh Mitra.
  1. Seluruh jenis kegiatan dalam Aplikasi AKULAKU termasuk tetap akan mengacu kepada Syarat dan Ketentuan PenggunaanAplikasi AKULAKU.
  1. Kebijakan privasi dalam seluruh kegiatan Program akan mengacu kepada Kebijakan Privacy Aplikasi AKULAKU.
  1. Nama dan judul dalam Syarat dan Ketentuan ini adalah semata-mata untuk memudahkan dalam membacanya dan tidak bertujuan untuk mendefinisikan, menggambarkan, mengubah atau membatasi hak dan/atau kewajiban Anda dan AKULAKU.
  1. Bila salah satu atau lebih ketentuan yang ada dalam Syarat dan Ketentuan  ini menjadi tidak berlaku, tidak sah, atau tidak dapat dilaksanakan, maka ketentuan lain yang terkandung dalam Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku, dan AKULAKU akan dengan segera mengubah Syarat dan Ketentuan ini untuk melakukan penyesuaian, dan sampai pada batas yang memungkinkan, untuk melakukan pelaksanaan sebagaimana dimaksud pada ketentuan yang tidak berlaku, tidak sah, atau tidak dapat diberlakukan tersebut.
  1. Syarat dan Ketentuan ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Syarat dan Ketentuan ini akan diselesaikan secara musyawarah. Apabila sengketa tersebut tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari setelah persoalan yang diperselisihkan diberitahukan kepada Pihak lainnya oleh Pihak yang mengajukan atau mengemukakan sengketa dimaksud, maka akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Republik Indonesia.
  1. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah atau diperbaharui sewaktu-waktu dan Pengguna disarankan untuk selalu membaca dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini secara seksama dari waktu ke waktu. Perubahan dapat segera berlaku tanpa pemberitahuan sebelumnya jika pemberitahuan terlebih dahulu dianggap tidak memungkinkan atau diwajibkan secara hukum. Dengan tetap mengakses dan melakukan aktivitas yang tersedia dalam Program, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan ini.

 

VI.Informasi Kontrak Pengaduan Konsumen

PT Akulaku Silvrr Indonesia

Email: cs.id@akulaku.com

Call Center: 1500920

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010

 

Anda dengan ini sudah membaca dengan teliti, memahami, menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan.