Pinjaman Tanpa Bunga

Mau Tambah Penghasilan? Yuk Temukan 5 Jenis Pinjaman Tanpa Bunga

Tentunya di Indonesia sendiri sangat banyak penyedia layanan pinjaman tanpa bunga secara online yang semakin menjamur. Hal tersebut terjadi karena pinjaman merupakan jalan pintas bagi seseorang yang membutuhkan uang terutama pinjaman ini secara tunai tanpa adanya jaminan. Ini merupakan solusi juga bagi ALovers yang tidak memiliki kartu kredit. Sehingga, tidak menutup kemungkinan seseorang yang mempunyai kartu kredit namun tetap membutuhkan pinjaman uang tanpa bunga secara tunai. 

Pinjaman tanpa bunga dilihat dari fungsinya biasanya digunakan untuk keperluan konsumtif dan produktif untuk sebagian orang. Di Indonesia pun kebanyakan orang mengambil dana pinjaman online tanpa bunga ini untuk kebutuhan yang cenderung bersifat konsumtif. Seperti untuk keperluan jalan-jalan, berbelanja atau pun untuk pesta ulang tahun dan pernikahan. 

Namun kali ini, Kula akan memfokuskan pembahasan pada pinjaman yang bersifat produktif ALovers. 

Apa itu pinjaman produktif?

Secara umum, pinjaman produktif yaitu suatu pinjaman yang dapat meningkatkan nilai keuangan kamu ALovers. Jadi dapat disimpulkan bahwa pinjaman produktif dapat membantu kamu untuk mendapat dan menambahkan suatu penghasilan.

Sebagai contohnya ALovers, ketika kamu mengambil pinjaman berupa kredit motor untuk menghemat biaya transportasi ke tempat kerja atau untuk mempermudah usaha, maka utang atau pinjaman kamu tentunya bersifat produktif.

Nah Kula mau jabarkan apa saja nih yang termasuk pinjaman produktif? Yuk Simak

1. Kredit kendaraan

Pinjaman atau kredit kendaraan juga bisa menjadi produktif atau konsumtif ALovers.

Kalau kendaraan Kamu nantinya digunakan untuk kegiatan produktif, seperti menghemat biaya transportasi saat bekerja, maka pinjaman kamu bisa dikategorikan produktif.

Sedangkan jika kendaraan Kamu untuk digunakan untuk kebutuhan sendiri, maka bisa dikatakan pinjaman kamu bersifat konsumtif. Namun bukan berarti kamu tidak boleh membeli kendaraan untuk kebutuhan pribadi. Hal ini karena bagaimanapun kamu membutuhkan fasilitas untuk mempermudah kegiatan sehari-hari.

2. Pinjaman tanpa bunga untuk usaha

Selain itu terdapat Kredit Usaha yang sebenarnya bisa kita kategorikan sebagai pinjaman yang bersifat produktif. Namun, tanpa perencanaan yang baik pinjaman jenis ini juga bisa menjerumuskan. Apalagi jika keuangan usaha kamu tidak dikelola dengan baik ALovers.

Oleh karena itu ALovers, apabila kamu berencana menggunakan layanan pinjaman tanpa bunga dan jaminan untuk usaha, pastikan Kamu memiliki rencana untuk pengembaliannya. Selain untuk menghindari penalti, hal ini juga bertujuan untuk menjaga kepercayaan penyedia pinjaman.

3. Pinjaman tanpa bunga untuk kepemilikan rumah

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR bisa menjadi utang yang bersifat produktif maupun konsumtif tergantung dari kegunaan rumah nantinya.

Jika rumah nantinya digunakan untuk tempat bekerja, disewakan, atau kebutuhan peningkatan nilai finansial lainnya, maka KPR Kamu bersifat produktif. Sedangkan jika rumah yang dibeli hanya untuk digunakan sendiri, maka KPR Kamu bersifat konsumtif.

Hanya saja sebagai salah satu kebutuhan utama, menggunakan layanan KPR tidak bisa dihindari. Jadi baik dipakai sendiri maupun untuk mendapatkan 

Mengapa meminjam untuk kebutuhan pendidikan dapat dikategorikan sebagai pinjaman yang produktif? Setidaknya ada dua poin yang menjadi pertimbangan Kula di sini.

4. Pinjaman Tanpa Bunga Untuk Pendidikan

Pertama, pendidikan bisa digunakan untuk memperbaiki kehidupan finansial seseorang. Misalnya, seseorang mengambil pendidikan atau pelatihan kemampuan tertentu untuk nantinya digunakan dalam bekerja atau mencari penghasilan.

Kedua, walaupun pendidikan yang ditempuh tidak secara langsung mengajarkan kemampuan praktis seperti sekolah dasar atau sekolah menengah, namun jenjang pendidikan ini tetaplah penting. Hal ini karena Kamu tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi tanpa memiliki ijazah pendidikan dasar

Bahkan, kalaupun kamu tidak mengenyam pendidikan sekolah dasar dan menengah, Kamu tetap membutuhkan ijazah paket A, B, dan C untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi seperti universitas. Tentunya, program ini juga membutuhkan biaya.

Jika Kamu tidak memiliki modal untuk membuka usaha, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah bekerja untuk orang lain terlebih dahulu. Nah, disinilah fungsi sertifikasi atau ijazah Kamu.

5. Modal

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah kamu tidak bisa mengajukan pinjaman produktif ini tanpa adanya persiapan dana. Karena saat kamu mengambil cicilan atau pinjaman untuk rumah dan kendaraan, kamu harus membayar uang muka atau Down Payment (DP) terlebih dahulu.

Sedangkan untuk utang usaha dan pendidikan, Kamu tetap harus menanggung sebagian biayanya. Kenapa? Karena akan terlalu berat pembayaran angsurannya jika 100% modal dan biaya pendidikan didapatkan dari pinjaman tanpa bunga online ini.

Oleh karena itu, buatlah perencanaan untuk target pengumpulan dana dan pengaturan keuangan Kamu.

Apapun jenis pinjaman tanpa bunga dari pemegang saham yang kamu ambil, produktif maupun konsumtif, perencanaan keuangan sangat penting untuk dilakukan. Perencanaan keuangan ini termasuk rencana anggaran untuk mengumpulkan dana awal atau DP yang dibutuhkan. Kemudian, perencanaan target atau tenggat waktunya.

Misalnya, Kamu ingin memiliki rumah dalam 3 tahun ke depan, dengan jumlah DP 25% dari harga rumah. Maka Kamu harus membuat rencana keuangan tiga tahun untuk mengumpulkan uang yang dibutuhkan.

Contoh lain, jika kamu ingin memiliki usaha sendiri satu tahun kedepan ALovers. Maka buatlah rencana pengumpulan modal tersebut satu tahun kedepan. Setelah setahun Kamu harus mengajukan pinjaman usaha, kamu tidak perlu meminjam dalam jumlah yang terlalu besar.

Setelah mendapatkan pinjaman tanpa bunga pajak, Kamu perlu membuat perencanaan keuangan untuk melunasi pinjaman. Tanpa perencanaan keuangan yang baik, utang atau pinjaman yang seharusnya membantu malah akan melilit keuangan kamu.

Jadi, perencanaan keuangan ini selain berfungsi untuk memperkecil utang dan memungkinkan kamu untuk melunasinya. Kamu juga akhirnya dapat menikmati tujuan peningkatan finansial dengan lebih tenang.

Nah, dengan adanya ulasan ini, Kula berharap kamu bisa lebih selektif dalam memutuskan untuk menggunakan pinjaman tanpa bunga. Apakah utang ini nantinya akan berjasa untuk meningkatkan penghasilan atau tidak? Serta apakah utang ini merupakan kebutuhan mendasar atau bukan ALovers ?