SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN APLIKASI

Pembaharuan Terakhir: [8/2021]

Selamat datang di Aplikasi AKULAKU, suatu aplikasi platform perdagangan yang memfasilitasi kegiatan jual beli secara online antara Merchant dan Pengguna aplikasi, dengan pengalaman berbelanja online yang unik dan berbeda dengan aplikasi platform perdagangan lainnya di Indonesia.

 

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa dan atau produk yang ditawarkan oleh PT AKULAKU SILVRR INDONESIA melalui penggunaan aplikasi AKULAKU.

 

Dengan mengakses dan menggunakan layanan yang tersedia dalam aplikasi AKULAKU, maka Anda dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui seluruh isi dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi ini. Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Anda sebagai Pengguna dengan AKULAKU.

 

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi dapat diubah atau diperbaharui sewaktu-waktu dan Anda disarankan untuk selalu membaca dan memeriksa Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi secara seksama dari waktu ke waktu. AKULAKU akan selalu memberitahukan User terlebih dahulu sehubungan dengan perubahan apa pun terhadap Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi ini melalui email User yang terdaftar di Aplikasi AKULAKU atau dengan cara lain yang wajar, termasuk mengunggah pemberitahuan perubahan tersebut di Aplikasi AKULAKU. Namun, perubahan dapat segera berlaku tanpa pemberitahuan sebelumnya jika pemberitahuan telrlebih dahulu dianggap tidak memungkinkan, bagi User atau diwajibkan secara hukum . Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan yang tersedia dalam aplikasi AKULAKU, maka Anda sebagai Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi.

 

APABILA ANDA MERASA KEBERATAN DAN/ATAU TIDAK SETUJU ATAS SALAH SATU, SEBAGIAN, ATAU SELURUH ISI SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN APLIKASI, MAKA ANDA SETUJU UNTUK TIDAK AKAN MENGGUNAKAN LAYANAN YANG TERSEDIA DALAM APLIKASI AKULAKU.


  1. DEFINISI


  1. KETENTUAN UMUM PENGGUNAAN


  1. KETENTUAN PEMBELIAN DAN PENGGUNAAN JASA

a.Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi dan deskripsi Produk secara keseluruhan (termasuk namun tidak terbatas pada harga, warna, kualitas, fungsi, jenis, spesifikasi, dan informasi lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli Produk.

b.Pembeli memahami dan mengakui bahwa informasi dan deskripsi Produk merupakan informasi dan deskripsi yang diberikan oleh Merchant atas Produk. AKULAKU tidak dapat menjamin bahwa Produk akan sesuai dengan informasi dan deskripsi yang diberikan Merchant.

c.Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari Produk sebagaimana terlihat di Aplikasi AKULAKU tergantung pada layar monitor mobile device AKULAKU telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampikan di dalam Aplikasi AKULAKU muncul seakurat mungkin, namun tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Aplikasi AKULAKU akan akurat.

d.Pembeli masuk ke dalam perjanjian yang mengikat secara hukum untuk membeli Produk ketika Pembeli membeli suatu Produk.

 

 

3.1 PEMBELIAN PULSA, TOKEN DAN PEMBAYARAN BPJS

a.Pembeli memasukkan nomor handphone yang ingin diisi pulsanya, serta nilai pulsa yang akan dibeli.

b.Pembeli memahami dan menyetujui bahwa pengisian nomor handphone danpemilihan nilai pulsa dengan baik dan benar merupakan tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

c.Pembeli dengan ini memberikan persetujuan kepada Akulaku untuk menentukan jumlah batas maksimum pembelian pulsa yang mungkin bervariasi antara setiap Pembeli berdasarkan kebijakan hasil analisa internal Akulaku.

 

a,Pembeli memasukkan nomor token listrik berupa ID Pelanggan atau nomor meteran, serta nilai token listrik yang akan dibeli.

b.Pembeli memahami dan menyetujui bahwa pengisian token listrik dan pemilihan nilai token listrik dengan baik dan benar merupakan tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

c.Berdasarkan ketentuan PLN, pembelian token listrik tidak dapat dilakukan melalui Aplikasi AKULAKU pada pukul 23:00 – 01:00 WIB setiap harinya.

d.Berlaku biaya transaksi yang nilainya tercantum di aplikasi Akulaku yang dibebankan langsung pada nilai nominal pembelian token listrik.

 

 

 

 

3.2 PEMBELIAN VOUCHER MITRA AKULAKU

 

Kecuali dinyatakan sebaliknya oleh Merchant, voucher minimarket hanya dapat berlaku 1 (satu) kali. Voucher yang telah dipakai tidak dapat digunakan lagi walaupun terdapat sisa selisih transaksi dari penggunaan voucher sebelumnya.

Pembeli memahami dan menyetujui bahwa seluruh syarat dan ketentuan penggunaan voucher ditetapkan oleh Merchant, dalam hal ini adalah Indomaret dan Alfamart. Penggunaan voucher yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan penggunaan tersebut merupakan tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

 

3.3 PRODUK FINANSIAL MITRA AKULAKU


  1. HARGA

  1. KETENTUAN PENGIRIMAN

  1. KETENTUAN PENGEMBALIAN PRODUK

a.Kesalahan pengiriman Produk oleh Merchant; dan/atau

b.Produk yang dikirim tidak sesuai dengan data, informasi dan deskripsi Produk sebagaimana diberikan Merchant dalam Aplikasi AKULAKU;

 

a.Produk yang dikembalkan wajib berada dalam kondisi yang sama pada saat diterima oleh Pembeli, termasuk kemasan dan tag label (jika ada);

b.Produk wajib berada dalam kondisi yang baik, bersih, dan belum dipergunakan.

 

  1. Gadget dan Elektronik;
  2. Lingerie dan Pakaian Dalam;
  3. Pakaian Renang;
  4. Produk Kecantikan;
  5. Wewangian;
  6. Produk yang dibuat sesuai pesanan (Customized Product);
  7. Voucher Elektronik, Tiket, Reservasi Hotel, Tiket Pesawat, Tiket Konser dan pembelian Produk dan/atau pembayaran Produk tidak berwujud lainnya.

 

  1. KETENTUAN PENGEMBALIAN DANA
  1. Kelebihan pembayaran dari Pembeli atastotal harga Produk.
  2. Merchant tidak dapat menyanggupi pesanan Pembeli karena kehabisan stokProduk maupun penyebab lainnya.
  3. Produk tidak terkirim kepada Pembeli atas alasan apapun.
  4. Pengembalian Produk sebagaimana diatur dalam Ketentuan Pengembalian Produk.
  5. Apabila nominal pengembalian dana dibawah Rp. 50.000,- Pembeli sepakat bahwa pengembalian akan dilakukan dengan pembelianpulsa ke nomor yang ditunjuk oleh Pembeli, tanpa ada kewajiban lainnya.

 

  1. KETENTUAN PEMBATALAN

a.Produk yang dibuat sesuai pesanan (Customized Products);

b.Voucher elektronik, tiket elektronik, termasuk reservasi hotel, tiket pesawat dan tiket konser;

c.Produk lain yang tidak ada ketentuan pembatalan dalam deskripsi Produk.


  1. KONTEN PIHAK KETIGA

 

  1. KETENTUAN LAIN

 

  1. BATASAN TANGGUNG JAWAB

AKULAKU selalu memberikan upaya terbaik untuk menjaga Aplikasi AKULAKU agar aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, namun AKULAKU tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Aplikasi AKULAKU dapat selalu sempurna.

User setuju bahwa pemanfaatan dan penggunaan Aplikasi AKULAKU adalah atas risiko User sendiri, dan layanan AKULAKU diberikan kepada User “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.

Sebatas diizinkan dalam hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, AKULAKU (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan Karyawan) tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

 

  1. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Merchant dan Mitra menjamin tidak melanggar hak atas kekayaan intelektual pihak lain dalam melakukan penjualan Produk melalui Aplikasi AKULAKU. Merchant bersedia bertanggung jawab atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam menjual Produk dalam Aplikasi AKULAKU.

 

  1. GANTI RUGI

User akan membebaskan AKULAKU dari tuntutan ganti rugi dan menjaga AKULAKU (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal User melanggar Perjanjian ini, penggunaan Aplikasi AKULAKU yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran User terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

 

  1. KETERPISAHAN

Bila salah satu atau lebih ketentuan yang ada dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi ini menjadi tidak berlaku, tidak sah, atau tidak dapat dilaksanakan, maka ketentuan lain yang terkandung dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi ini akan tetap berlaku, dan AKULAKU akan dengan segera mengubah Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi ini untuk melakukan penyesuaian, dan sampai pada batas yang memungkinkan, untuk melakukan pelaksanaan sebagaimana dimaksud pada ketentuan yang tidak berlaku, tidak sah, atau tidak dapat diberlakukan tersebut.

 

  1. PILIHAN HUKUM

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. User sepakat bahwa AKULAKU mengatur mengenai mekanisme pelayanan dan penyelesaian pengaduan bagi User, sesuai dengan prinsip-prinsip perlindungan konsumen yang berlaku di Indonesia. User setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara musyawarah. Apabila sengketa tersebut tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari setelah persoalan yang diperselisihkan diberitahukan kepada Pihak lainnya oleh Pihak yang mengajukan atau mengemukakan sengketa dimaksud, maka akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Republik Indonesia.

 

  1. PEMBAHARUAN

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi dapat diubah atau diperbaharui sewaktu-waktu dan User disarankan untuk selalu membaca dan memeriksa Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi secara seksama dari waktu ke waktu. AKULAKU akan selalu memberitahukan User terlebih dahulu sehubungan dengan perubahan apa pun terhadap Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi ini melalui email User yang terdaftar di Aplikasi AKULAKU atau dengan cara lain yang wajar, termasuk mengunggah pemberitahuan perubahan tersebut di Aplikasi AKULAKU. Namun, perubahan dapat segera berlaku tanpa pemberitahuan sebelumnya jika pemberitahuan telrlebih dahulu dianggap tidak memungkinkan, bagi User atau diwajibkan secara hukum. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan yang tersedia dalam aplikasi AKULAKU, maka User dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi.