pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat

Serba serbi Munculnya Layanan pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat di Indonesia

ALovers mungkin sudah tidak asing dengan aktivitas pinjam meminjam uang yang biasa ALovers temukan, memang kegiatan tersebut telah muncul sejak dahulu. Namun ALovers juga perlu tahu akan pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat yang saat ini sedang ramai di perbincangkan. Walaupun pada dasarnya sifat pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat tersebut berjangka pendek, pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat tersebut setidaknya telah dapat menolong ALovers dalam menangani masalah keuangan ALovers dikala kritis.

Nah, dengan adanya kemajuan teknologi yang lama kelamaan tak terbendung kecanggihannya, kini melakukan pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat dana tidaklah menjadi sebuah hal yang berat di dapatkan, karena telah ada pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat online. Lalu seperti apa sih sejarah munculnya layanan  pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat baik online maupun konvensional di Indonesia?

Seperti yang kita tahu, jenis pinjaman dana yang dulu sering dilakukan adalah, dengan cara meminjam dana di bank. Atau bahkan, ALovers bisa meminjam dana di koperasi simpan pinjam, ke saudara, ke keluarga, ke teman dekat, atau dengan cara menggadaikan barang, alias mengajukan pinjaman dana dengan agunan.

Akan tetapi, cara meminjam tersebut, sepertinya sudah jarang dilakukan oleh orang-orang, semenjak ada layanan pinjaman dana tunai tanpa jaminan apapun , meskipun masih ada segelintir dari banyaknya ALovers yang masih mempercayakan pinjaman di penyedia jasa keuangan konvensional maupun koperasi

1. Sejarah pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat di Indonesia

pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat bisnis kecil

pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat atau yang umum dikenal dan di keluarkan oleh layanan pinjaman online ini ternyata mulai berkembang dan diketahui masyarakat Indonesia pada tahun 2016 lho ALovers. Dimana saat itu, layanan pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat, lebih sering digunakan untuk membantu UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah lokal yang butuh dana tunai cepat tanpa jaminan.

Pasalnya, pinjaman online untuk UMKM ini, bisa memudahkan ALovers dalam mengembangkan bisnis, tanpa adanya agunan atau jaminan. Prosesnya yang cepat, juga sangat mempercepat UMKM dalam mendapatkan pinjaman sehingga sering ALovers sebut dengan nama pinjaman sehari cair tanpa jaminan. 

Tidak hanya bisa membantu ALovers dalam menyelesaikan masalah finansialnya. Di balik itu, pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat juga dijadikan sebagai tempat alternatif para investor atau para pemberi pinjaman dana, dengan return yang menarik.

2. Banyak Pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat illegal

pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat illegal

Namun, seiring munculnya penyedia jasa keuangan berbasis online, yang semakin menjamur di tahun 2018, OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, mengumumkan bahwa mereka menemukan setidaknya ada 227 perusahaan penyedia pinjaman dana tunai cepat tanpa jaminan yang tidak terdaftar di OJK.

OJK sendiri merupakan lembaga independen yang memiliki fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan dan penyidikan, terhadap seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

Agustus 2019, OJK Mencatat Ada 127 pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat Terdaftar dan Diawasi OJK, OJK mulai menghimbau para startup penyedia pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat , untuk wajib melakukan pendaftaran dan mengurus izin ke OJK. Hingga Agustus 2019, OJK akhirnya mencatat bahwa sudah ada 127 perusahaan pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Meski begitu, masih ada sekitar 1477 perusahaan pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat, yang masih ilegal, alias belum terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sehingga, OJK pun menghimbau agar masyarakat lebih waspada dalam memilih pinjaman online.

OJK hanya memperbolehkan aplikasi fintech untuk dapat mengakses 3 fitur saja dalam smartphone kita, yaitu kamera, mikrofon, dan lokasi. Sudah, itu saja. Fungsinya adalah ketika kita harus melakukan verifikasi dan validasi data ketika hendak membuka akun. Hal ini wajar, karena mereka memang butuh data ini dari kita. Buka akun di bank saja mesti lengkap ada alamat, tanda tangan, dan kartu identitas kan?

Tetapi, kalau aplikasi pinjaman online kamu juga meminta izin untuk dapat mengakses nomor telepon kontak pribadi, nah, ini bisa dipastikan pinjaman online ilegal.

Pihak pinjol juga tidak diperbolehkan menyebarluaskan data yang sudah diserahkan oleh (calon) nasabah. Jika mereka melakukannya, maka mereka bisa dijerat UU ITE atas perlindungan privasi.

So, ini juga ciri pinjaman online ilegal yang juga cukup mudah dilihat sih. Ketika kamu instal aplikasinya, apakah ada permintaan akses nomor kontak atau yang lainnya, selain kamera, mikrofon, dan lokasi enggak?

3. Banyak korban pinjaman illegal

korban pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat illegal

Pasalnya, hingga saat ini masih saja ada korban yang terjebak dalam pinjam dana cepat tanpa syarat ilegal. Dimana, mereka biasanya menawarkan pinjaman dengan bunga yang tidak normal, sehingga membuat korban atau ALovers merasa berat dalam melakukan cicilan.

Tidak sedikit juga dari para korban pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat ilegal yang bunuh diri, karena terlilit hutang. Ditambah, mayoritas nasabah pinjaman online adalah masyarakat kalangan menengah ke bawah.

4. Dapat Mengancam Keberadaan Bank, dan Penyedia Jasa Keuangan Konvensional Lainnya?

pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat bank dan lainnya

Nyatanya, perusahaan pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat memiliki pasar yang bisa disebut tidak dapat dijangkau oleh bank. Contoh saja, jika ALovers meminjam dana di bank, mungkin ALovers akan diminta persyaratan berupa kartu kredit atau slip gaji, yang memiliki pendapatan diatas Rp3 juta.

Sedangkan, untuk pasar yang sasar pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat, mungkin adalah orang-orang yang tidak memiliki kartu kredit, dan persyaratan sulit, seperti di bank. Bahkan, kini pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat dan bank berkolaborasi, untuk mencapai inklusi keuangan.

Selain itu, hadirnya perusahaan  pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat ternyata memiliki peran yang cukup besar, khususnya dalam perkembangan UMKM, di Indonesia. Terlebih, dengan tumbuhnya UMKM dengan baik, maka perekonomian pun juga bisa ikut tumbuh. Sehingga, perusahaan pinjaman dana tunai tanpa jaminan proses cepat atau pinjaman online, bisa dibilang merupakan teknologi digital alternatif, yang bisa digunakan sebagai pemberi pinjaman modal usaha, maupun investasi.