7 Tips Menghindari Modal Pinjaman Pribadi Tanpa Slip Gaji Untuk Memulai Usaha

Pinjaman pribadi tanpa slip gaji merupakan salah satu jalan pintas bagi ALovers yang ingin memulai usaha. Saat ini, financial technology termasuk pinjaman pribadi tanpa slip gaji yang merupakan platform yang menyediakan informasi maupun solusi masalah keuangan ALovers . Salah satu produk dari fintech adalah pinjaman online ojk.

Pinjol sendiri merupakan pinjaman online langsung cair yang bisa diajukan dengan syarat mudah. ALovers juga bisa menyebutnya sebagai peer to peer lending. Sistem yang diberikan pun dianggap lebih mudah, pinjaman online bunga rendah dan simpel daripada bank konvensional. 

Sebagai sumber pinjaman yang mudah dan cepat inilah, maka pinjaman online ojk dan pinjaman syariah semakin populer di Indonesia. Tentunya agar tetap aman, maka carilah fintech yang resmi yang terdattar di OJK. Dengan begitu, maka urusan keuangan ALovers akan tetap aman.

Tahukah ALovers bahwa saat ini meminjam uang sudah bukan hal yang tabu lagi karena memang kebanyakan usaha tidak akan jalan tanpa adanya modal dan keterbatasan modal juga bisa menghambat proses suatu usaha. Dengan kata lain persoalan pinjam meminjam sudah menjadi kebutuhan tersendiri baik untuk orang pribadi maupun atas nama badan usaha dan perusahaan.

Namun jika ALovers adalah pemula dalam bidang memulai suatu usaha mungkin ada baiknya ALovers memahami beberapa poin penting terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat proposal pengajuan pinjaman online langsung cair ktp untuk memulai usaha ALovers. Karena masih banyak pilihan usaha yang mungkin segi modalnya bisa ALovers tekan sehingga tidak perlu mengajukan modal pinjaman dari pihak ketiga seperti bank ataupun lembaga multifinance:

1. Gunakan Modal Yang Ada Terlebih Dahulu Sebelum Menggunakan Pinjaman Pribadi Tanpa Slip Gaji

Penting bagi ALovers untuk menentukan usaha apa yang ingin ALovers mulai. Sebaiknya pilih jenis usaha yang memang sesuai minat ALovers dan perlu diperhatikan juga tren pasar apakah jenis usaha yang ALovers pilih memiliki prospek yang baik. Setelah itu tentukan besaran modal yang diperlukan dan hitung modal yang saat ini sudah ALovers miliki. Untuk menghindari pinjaman beberapa hal dibawah ini bisa ALovers lakukan:\

2. Menggunakan Tabungan Pribadi Sebelum Menggunakan Pinjaman Pribadi Tanpa Slip Gaji

Menjual aset yang ada yang bukan aset utama. Misalnya ALovers memiliki dua rumah, jual salah satunya atau ALovers memiliki mobil tapi juga bukan aset prioritas bisa ALovers jual dan gunakan modalnya untuk memulai usaha.

Dengan begitu ALovers tidak perlu meminjam uang dari pihak lain lagi.

3. Pinjam dari Orang Terdekat Jika Memungkinkan

Jika memungkinkan ALovers juga bisa mengajukan modal pinjaman pada orang terdekat seperti saudara atau teman. Karena meminjam dari orang terdekat biasanya tidak memerlukan bunga pinjaman sehingga angsuran ALovers akan lebih ringan namun tentu saja komitmen dan asas saling percaya perlu diutamakan karena jika ALovers mangkir tidak hanya uang yang hilang tapi juga tali persahabatan atau silaturahmi bisa terganggu. Selain itu meminjam uang dari orang terdekat tidak bisa dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, maksimal beberapa bulan atau satu tahun tergantung kesepakatan.

4. Cari Kemungkinan Join Venture Jika Modal Kurang

Jika ALovers sudah memiliki modal tapi masih kurang, coba cari kemungkinan untuk melakukan bisnis dengan sistem join venture. Hal ini bisa dilakukan dengan saudara atau teman dekat namun semuanya tetap harus dilakukan berdasarkan perjanjian sehingga pembagian tugas dan keuntungan jelas dan tidak rancu. Kedua belah pihakpun menyadari tugas dan kewajibannya sehingga tidak saling tuduh jika terjadi perselisihan nantinya. Karena dalam usaha yang dilakukan lebih dari satu orang perbedaan pendapat akan sering terjadi.

5. Cari Kemungkinan Usaha Lewat Sistem Franchise

Sistem franchise juga sangat direkomendasikan bagi ALovers yang sedang mencari usaha namun terbatas masalah modal. Sistem franchise memungkinkan ALovers melakukan usaha tanpa modal karena biasanya pengusaha pemilik brand franchise akan menanggung semua modal dan aset sehingga yang perlu ALovers lakukan hanya menjalankan usaha. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk keuntungan yang lebih besar pilihlah perusahaan franchise yang memang sudah besar, memiliki reputasi yang baik serta produk yang sudah memiliki pelanggannya tersendiri sehingga.

6. Kemungkinan Modal dari Konsumen Sebelum Menggunakan Pinjaman Pribadi Tanpa Slip Gaji

Hal ini lumrah dilakukan jika bidang usaha ALovers dilakukan berdasarkan proyek. Misalnya ALovers membuka usaha landscaping taman karena disanalah keahlian ALovers. Karena ALovers tidak memiliki modal, ALovers bisa meminta kepada konsumen ALovers untuk membayar uang muka sekian persen yang bisa ALovers gunakan sebagai modal usaha baru kemudian setelah pekerjaan selesai konsumen ALovers bisa melunasi sisa pembayaran. Sehingga ALovers tidak perlu mengajukan modal pinjaman online langsung cair tanpa ribet.

7. Mencari Sponsor

Mencari sponsor juga bisa menggantikan uang modal yang ALovers perlukan. Namun tidak semua jenis usaha bisa menggunakan metode ini sebagai modal.

Mengajukan modal pinjaman memang merupakan cara tercepat agar ALovers bisa mendapatkan modal untuk memulai usaha namun hal tersebut bukanlah satu-satunya cara. Ketujuh poin diatas mungkin bisa menjadi pertimbangan tambahan ALovers sebelum memutuskan untuk mengajukan proposal pinjaman pribadi tanpa slip gaji. Namun, jika ALovers sudah tidak mempunyai pilihan lain. ALovers bisa mencari pinjaman online ojk yang terpercaya dan resmi terdaftar di OJK.

Apapun jenis pinjaman online ojk atau seberapa kecil bunga pinjamannya, meminjam dari pihak ketiga selalu saja memiliki risiko terutama bagi ALovers yang masih awam dalam hal manajeman keuangan ALovers!