Yuk ALovers, Simak 4 Trik dan Keuntungan berbelanja di situs belanja online!

Situs belanja online memang memberikan banyak keuntungan, baik itu dari segi penjual ataupun konsumen. Tidak heran jika para pemilik bisnis banyak yang beralih dengan membuka toko online

Di Indonesia, sudah banyak situs belanja online terbaik bermunculan yang bisa menjadi tempat ALovers untuk berbelanja. Hampir semua kebutuhan masyarakat bisa ALovers dapatkan secara online. Misalnya pakaian, barang elektronik, tiket pesawat, penginapan, hingga pulsa listrik. Sudah bukan hal baru jika saat ini masyarakat Indonesia banyak memilih untuk bertransaksi atau membeli sesuatu secara online dibandingkan dengan transaksi langsung. Alasannya pun beragam, mulai dari belanja melalui situs belanja online termurah lebih cepat, mudah, dan juga hemat.

Tidak dipungkiri memang teknologi terus berinovasi membuat masyarakat terpengaruh untuk terus mengikuti perkembangannya. Melihat situasi tersebut, mulailah bermunculan toko online yang tentunya memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus ke luar rumah. Hanya bermodal smartphone atau laptop dan juga internet, ALovers sudah bisa membeli barang tersebut. Selain itu, apa saja ya keuntungannya?

Kentungan Belanja di Situs Belanja Online

1. Harga Lebih Murah dan Banyak Promo

Hampir semua situs belanja online marketplace menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan toko fisik. Alasannya, barang-barang yang ALovers sering beli di toko tersebut dikenakan pajak bagunan. Sedangkan barang-barang yang dijual di internet tidak dikenakan pajak apa pun. Oleh karena itu, para pemilik bisnis sudah banyak yang beralih dengan membuka layananannya melalui akses online internet, meskipun harus mengurangi margin keuntungan demi mendapatkan banyak pelanggan. Dengan diskon special dan promo yang diberikan seperti melalui situs belanja online gratis ongkir.

2. Hemat Waktu dan Praktis 

ALovers yang sering berbelanja online pasti merasakan kenyamanannya yang berbeda karena tidak perlu memikirkan untuk pergi ke toko hanya untuk membeli barang. Terlebih lagi jika jarak toko tersebut yang jauh dari tempat tinggal yang banyak menyita waktu. Kenyamanan ini sangat dirasakan bagi ALovers yang memiliki banyak kesibukan sambil mengerjakan pekerjaan, ALovers buka situs toko online yang dipercayai dan temukan barang yang dibutuhkan dengan mudah dan lebih praktis dan situs belanja online bayar ditempat juga disediakan atau COD. 

3. Banyak Variasi Barang

Sebagian besar toko hanya memiliki produk terbatas. Biasanya ALovers harus pergi ke beberapa toko untuk mendapatkan barang-barang yang diinginkan. Tentu ini sangat merepotkan. Belum lagi, transaksi yang harus dilakukan berkali-kali. Namun, jika ALovers membelinya melalui online, kemungkinan barang-barang yang ALovers cari bisa didapatkan dalam satu situs toko online. Jadinya, ALovers hanya melakukan satu kali transaksi saja dan ini sangat membantu untuk ALovers yang ingin transaksinya diubah menjadi cicilan.

4. Privasi Terjaga

Belanja online memberikan privasi karena tidak ada orang lain yang tahu ALovers berbelanja. Contohnya, membeli barang yang sensitif seperti pakaian dalam. Selain itu, pengiriman yang ALovers terima dari belanja di situs belanja online, biasanya dibungkus rapi sehingga saat penerima barang pun ALovers tak perlu menutupinya.

 

Trik Mencegah Penipuan di Situs Belanja Online

Di balik kemudahan dan keuntungan yang diberikan, pasti ada oknum tertentu yang ingin mengambil keuntungan sendiri dengan melakukan penipuan. Nah, untuk ALovers tidak termasuk korban penipuan di  online marketplace, berikut ini yang harus diwaspadai

1. Jangan Tergiur dengan Harga Barang Murah

Memberikan harga yang jauh lebih murah dari pasaran merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh penipu untuk memancing korban. Oleh karena itu, sebelum melakukan transaksi, sebaiknya ALovers melakukan beberapa survei terkait barang yang ingin dibeli dengan membandingkan harga dari berapa toko online. Selain itu, ALovers juga harus memperhatikan reputasi dari toko online tersebut. Akan lebih baik lagi jika ALovers memilih toko online yang memang sudah terpercaya sehingga transaksi yang ALovers lakukan benar-benar tidak berisiko.

2. Testimoni Bukan Acuan

Hingga saat ini testimoni masih menjadi salah satu acuan seseorang untuk membeli barang. Padahal cara itu sudah tidak berlaku lagi saat ini. Para penipu sudah semakin pintar dengan memanipulasi banyak testimoni untuk mengelabui para korbannya. Oleh karena itu, ALovers harus cermat dalam membaca testimoni asli dan palsu

3. Selalu Minta Foto Barang Asli

Sudah saatnya ALovers harus menjadi konsumen yang cerdas saat berbelanja online. Jangan pernah membeli barang tanpa ALovers meminta foto aslinya terlebih dahulu. Sebab, banyak yang tertipu karena foto yang ditampilkan tidak sesuai dengan barang yang dikirim. Oleh karena itu, pastikan ALovers selalu meminta foto barang yang akan ALovers beli lebih dari satu kali.

4. Minta Nomor Resi Pengiriman

Ada beberapa situs yang tidak menyediakan jasa pengiriman pihak ketiga atau COD (Cash on Delivery) dengan berbagai alasan. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah asalkan ALovers dikirimkan nomor resi pengiriman sebagai alat untuk melacak barang ALovers sudah sampai mana. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar ALovers tidak menjadi korban penipuan.

Trik Mengecek Kredibilitas Sebuah Situs Belanja Online

Saat ini, kredibilitasi bukan hanya untuk para lembaga jasa keuangan saja. Tetapi juga penyedia jasa online e-Commerce pun harus memiliki kredibilitas untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan kepercayaan kepada para konsumen.  Lalu, bagaimana cara mengecek kredibilitasnya?

  1. Cari tahu asal usul perusahaan tersebut. Apakah perusahaan tersebut sudah memiliki izin resmi dari pemerintah atau belum.

  2. Menyertakan lokasi kantor yang lengkap dan jelas pada situs website-nya.

  3. Bagaimana Cara Menjadi Konsumen yang Baik

Jangan pernah pelit untuk tidak memberikan ulasan dan pastikan ulasan yang ALovers berikan sesuai dengan barang yang diterima. Sebab, review ini juga menjadi panduan konsumen lain dalam membeli barang.

Simpan semua bukti-bukti pembayaran 

Tentu untuk berjaga-jaga bila sesuatu terjadi nantinya. Selain itu Ingat dan simpan toko online tersebut jika ALovers merasa puas dengan pelayanannya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan ALovers dalam mencari barang lainnya.

Tidak dipungkiri memang layanan ini memberikan banyak keuntungan beli barang di situs belanja online untuk para konsumen. Jangan heran jika hampir semua masyarakat di Indonesia lebih nyaman berbelanja di situs belanja online. 

Hal ini sangat memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya dalam berbelanja, bahkan sebagai peluang ALovers jika ingin berbisnis dan langsung daftar situs belanja online di smartphone kalian!