KEBIJAKAN PRIVASI

Keberadaan Kebijakan Privasi ini merupakan bagian dari komitmen PT Akulaku Finance Indonesia (“Akulaku Finance” atau “Kami”) dalam rangka melindungi privasi dan data pribadi pengguna. Untuk memberikan layanan terbaik kepada Anda serta melindungi kepentingan Anda, Kami hanya akan mengumpulkan informasi Anda yang Kami perlukan. Kami akan mengolah, menganalisis dan menyimpan informasi Anda berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku berkaitan dengan perlindungan data Anda dibawah yurisdiksi Republik Indonesia (“Hukum yang Berlaku”).

Kami memastikan kepatuhan atas Kebijakan Privasi ini oleh Kami, karyawan Kami, afiliasi Kami dan penyedia layanan eksternal yang bekerja atau memberikan layanan untuk Kami. Untuk memastikan terlaksananya tujuan tersebut, Kami telah mengambil tindakan yang dibutuhkan berdasarkan ketentuan Hukum yang Berlaku.

Dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak, situs web dan layanan pada aplikasi kami dan dalam mengajukan permohonan layanan pembiayaan dari Akulaku Finance (“Layanan PayLater”/ “PayLater”), Anda wajib membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi ini. Kebijakan Privasi ini juga merupakan ketentuan yang tidak terpisah dari Syarat dan Ketentuan Layanan PayLater Akulaku Finance.

Kebijakan Privasi ini dapat diubah atau diperbaharui sewaktu-waktu dan Anda disarankan untuk selalu membaca dan memeriksa Kebijakan Privasi ini secara seksama dari waktu ke waktu. Kami akan senantiasa memberitahukan kepada Anda sebelumnya mengenai perubahan apapun terhadap Kebijakan Privasi ini melalui email yang terdaftar pada Aplikasi Akulaku Finance atau melalui cara lain apapun yang wajar, termasuk menunggah pemberitahuan akan perubahan tersebut pada Aplikasi Akulaku. Akan tetapi, perubahan dapat langsung berlaku tanpa pemberitahuan sebelumnya apabila pemberitahuan dianggap tidak memungkinkan bagi Anda atau pemberitahuan tersebut tidak diperlukan secara hukum. Dengan tetap menggunakan layanan pada Aplikasi Akulaku Finance, Anda dianggap telah menyetujui perubahan Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu.


  1. Data serta informasi yang Kami kumpulkan dan bagaimana Kami mengumpulkannya

1.1 Data pribadi yang Anda berikan kepada Kami secara sukarela (wajib)

Kami akan mengumpulkan, menggunakan, menyimpan, mengolah, memproses, mengalihkan dan mentransfer informasi yang Anda berikan secara sukarela kepada Kami pada saat pendaftaran dan penggunaan Aplikasi Akulaku Finance sehubungan dengan data-data berikut:

a. Untuk dapat membuat Akun yang akan Anda gunakan untuk memperoleh Layanan PayLater, Kami memerlukan Anda untuk mengisi informasi pendaftaran, termasuk namun tidak terbatas pada nama, alamat, nomor telepon, nomor seluler, alamat email, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, catatan keuangan, detail dan riwayat keuangan.

Apabila Anda memilih untuk menghubungi Kami dengan cara apapun, Kami juga akan mengumpulkan, menggunakan, menyimpan dan mengolah, sebagaimana berlaku, seluruh data dan informasi sebagai berikut:

i. Informasi yang terkandung dalam korespondensi antara Anda dan Kami melalui email, telepon atau surat fisik;

ii. Informasi yang Anda berikan saat Anda mengajukan saran atau komplain kepada Akulaku Finance;

iii. Informasi yang terkandung dalam keputusan Anda jika Anda memutuskan untuk menggunakan Layanan PayLater dari Kami; dan

iv. Seluruh data dan atau informasi yang Anda berikan kepada Kami secara sukarela dari waktu ke waktu.

b. Data biometric (melalui file suara, fitur wajah,atau tubuh lain) yang Anda berikan ketika Anda menyampaikan data biometric ke Aplikasi Akulaku Finance sebagai salah satu data yang dibutuhkan dalam pengajuan Layanan Paylater sesuai dengan ketentuan Hukum yang Berlaku. Informasi ini diperlukan untuk melakukan otentikasi terhadap akun Anda dalam rangka mencegah penipuan dan penyalahgunaan data Anda; dan

c. Data transaksi yang Kami terima saat Anda melakukan transaksi pembelanjaan menggunakan pembiayaan dalam Layanan PayLater, baik melalui Aplikasi Akulaku Finance, platform marketplace atau e-commerce pihak ketiga yang bekerja sama dengan Akulaku Finance, maupun untuk berbelanja di merchantsecara offline.

Dengan mengunduh atau menggunakan Aplikasi Akulaku Finance, Anda dengan ini memberikan persetujuan kepada Akulaku Finance untuk mengakses, menggunakan, mengolah, mentransfer, menyimpan dan melindungi informasi tersebut di atas. Jika Anda berkeberatan dan tidak ingin membagikan informasi/data pribadi apa pun di atas, Anda dapat memilih keluar, tidak menggunakan atau memilih untuk menarik persetujuan untuk membagikan informasi/data pribadi tersebut. Anda dapat, sewaktu-waktu menghubungi call center Akulaku Finance sebagaimana disebutkan pada bagian 8 di bawah ini jika Anda ingin mengubah persetujuan penggunaan data pribadi Anda. Namun, harap perhatikan bahwa layanan tertentu yang Kami sediakan mungkin tidak lagi dapat digunakan sehubungan dengan perubahan persetujuan tersebut.

 

1.2 Data pribadi yang Kami terima secara otomatis

Terlepas dari data yang Anda berikan kepada kami secara sukarela, Kami juga akan mengumpulkan data Anda melalui penggunaan cookie atau teknologi pelacakan serupa lainnya pada perangkat yang Anda gunakan (“Informasi”) sejauh diizinkan oleh ketentuan Hukum yang Berlaku, Kebijakan Google Play Store dan App Store (“Kebijakan Pengembang”). Kami mengumpulkan Informasi ini untuk memahami Anda lebih baik guna mempersonalisasi pengalaman Anda dalam menggunakan Layanan PayLater melalui Aplikasi Akulaku Finance. Anda dapat memilih untuk tidak membagikan Informasi ini karena kami akan meminta otorisasi Anda sebelum kami mengumpulkan Informasi tersebut, sebagaimana diwajibkan oleh Hukum yang Berlaku dan Kebijakan Pengembang.

Informasi-informasi opsional yang dimaksud antara lain:

Informasi yang disimpan di perangkat Anda akan dikirimkan secara otomatis ke situs web, aplikasi, dan server data Kami setelah Anda memberikan persetujuan Anda atas Kebijakan Privasi ini dan atas pengumpulan Informasi tersebut. Oleh karena itu, jika Anda ingin menonaktifkan Informasi atau menghapus informasi Anda yang kami kumpulkan secara otomatis, Anda dapat melakukannya melalui pembersihan cookie di perangkat Anda, atau Anda dapat menghapus Aplikasi Akulaku Finance. Sebagai catatan, Kami mungkin membutuhkan Anda untuk memberikan beberapa Informasi di atas jika Anda ingin menggunakan layanan tertentu dalam Aplikasi Kami.

 

1.3 Data pribadi yang Kami terima berdasarkan persetujuan Anda pada aplikasi pihak ketiga (opsional)

Untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan Aplikasi Akulaku Finance, Anda dapat memasukkan informasi akun media sosial Anda termasuk namun tidak terbatas pada Facebook dan Google (“Akun Media Sosial”) atau informasi mengenai akun platform marketplace atau e-commerce pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kami.

Anda dapat menghubungkan Akun Media Sosial Anda dengan akun Anda di Aplikasi Akulaku Finance. Berdasarkan persetujuan Anda dan juga kebijakan privasi dari penyedia Akun Media Sosial tersebut, kami dapat mengumpulkan data berikut melalui Akun Media Sosial Anda, termasuk namun tidak terbatas pada:

 

Berdasarkan Kebijakan Privasi ini, Kami akan mengakses, menggunakan, memproses, mentransfer, dan melindungi semua data dan informasi yang kami kumpulkan melalui Akun Media Sosial Anda. Dalam hal Anda berkeberatan dengan data dan atau informasi yang telah kami kumpulkan melalui Akun Media Sosial Anda, atau Anda bermaksud meminta kami untuk menghapus data tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui informasi kontak yang disebutkan pada bagian 8 di bawah ini. Namun, harap diperhatikan bahwa penggabungan dengan Akun Media Sosial mungkin tidak lagi dapat dilakukan sehubungan dengan penghapusan data tersebut.

 

  1. Bagaimana Kami menggunakan data Anda

Sebagai perusahaan pembiayaan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tunduk terhadap Hukum yang Berlaku, Akulaku Finance wajib untuk memberikan Layanan PayLater sesuai dengan ketentuan Hukum yang Berlaku. Oleh karena itu, Kami hanya akan menggunakan dan memproses data pribadi Anda termasuk namun tidak terbatas untuk:

 

Selain dari hal-hal yang telah disebutkan di atas, Kami juga dapat menggunakan data pribadi Anda untuk melindungi dan mencegah penipuan, klaim, tindakan pencucian uang dan kewajiban lainnya untuk mematuhi Hukum yang Berlaku jika diperlukan. Dalam keadaan ini, Kami berhak untuk mengambil tindakan yang sesuai berdasarkan ketentuan

Hukum yang Berlaku.

 

  1. Dengan siapa Kami dapat membagikan data Anda

Untuk melindungi privasi Anda, Kami tidak akan menjual, menyewakan atau mengungkapkan informasi Anda kepada pihak ketiga manapun tanpa persetujuan Anda. Namun, dalam rangka memfasilitasi Anda untuk mendapatkan layanan secara lebih baik serta sebagai pemenuhan kebutuhan operasional Kami, Kami dapat membagikan data pribadi Anda dengan pihak ketiga berikut:

 

Untuk menghindari keraguan, tidak ada ketentuan apapun dalam Kebijakan Privasi ini yang mengizinkan dan memperbolehkan pihak ketiga lain sebagaimana tersebut diatas untuk memanfaatkan atau mengalihkan data Anda selain dari tujuan yang dinyatakan di dalam Kebijakan Privasi ini. Anda dengan ini membebaskan dan melepaskan Akulaku Finance dari gugatan, tuntutan dan tanggung jawab apapun dari penggunaan secara tidak sah atas setiap data Anda oleh pihak ketiga tersebut sepanjang penggunaan secara tidak sah tersebut terjadi bukan karena pelanggaran atau kelalaian dari Akulaku Finance. Sepanjang diizinkan dan dengan tunduk pada ketentuan Hukum yang Berlaku, Kami dapat mengalihkan dan memindahkan data dan/atau informasi milik Anda keluar dari yurisdiksi terdaftar untuk mencapai tujuan operasional sebagaimana telah diatur pada Kebijakan Privasi ini.

 

  1. Keamanan Data Anda

Dalam menjaga keamanan data Anda, Kami menggunakan sistem elektronik yang dilengkapi dengan tingkat keamanan yang memadai, sebagaimana diwajibkan oleh ketentuan Hukum yang Berlaku, dan Kami akan memperbarui tingkat keamanannya dari waktu ke waktu. Namun, meskipun kami selalu melakukan upaya terbaik untuk melindungi data pribadi Anda, tidak ada situs web, transmisi internet, sistem komputer, atau koneksi nirkabel yang sepenuhnya aman. Selain itu, kami juga membatasi akses data Anda kepada karyawan, kontraktor, dan agen Kami dan pihak yang memiliki akses ini tunduk pada kewajiban perjanjian kerahasiaan yang ketat.

 

  1. Halaman web yang disediakan oleh pihak ketiga

Dalam menggunakan platform Kami, Anda mungkin menemukan tautan yang dapat mengarahkan Anda ke situs web lain milik pihak ketiga, baik Afiliasi kami, Mitra, atau situs web lain, di mana Kebijakan Privasi ini tidak berlaku. Mohon baca kebijakan privasi yang disediakan oleh situs web pihak ketiga tersebut secara menyeluruh, mengingat kami tidak akan bertanggung jawab dengan cara apa pun terhadap kebijakan privasi tersebut atau penggunaan data Anda oleh platform tersebut.

 

  1. Hak Anda sebagai pemilik data

Sehubungan dengan data yang telah Anda berikan secara sukarela kepada kami, dan yang kami kumpulkan secara otomatis sebagaimana dijelaskan pada bagian 1 di atas, Anda memiliki hak sebagai berikut:

Melalui surat tertulis ke:

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen
Up. Direktorat Pelayanan Konsumen
Menara Radius Prawiro Lt.2
Komplek Perkantoran Bank Indonesia
Jl. MH. Thamrin no. 2
Jakarta Pusat
10530

Melalui whatsapp resmi: 081157157157

Melalui e-mail: konsumen@ojk.go.id

Melalui formulir pengaduan elektronik: https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/Pengaduan

Sehubungan dengan permintaan informasi, koreksi dan penghapusan data Anda, kami akan memverifikasi keaslian identitas Anda sebelum Kami memproses permintaan tersebut. Selanjutnya, kami berhak menghentikan Layanan PayLater kepada Anda baik sebagian atau seluruhnya setelah penghapusan data Anda di platform Kami.

Anda berhak untuk mendapatkan informasi, mengoreksi dan menghapus data Anda dengan menghubungi kami melalui informasi kontak Kami yang disebutkan pada bagian 8 di bawah ini.

 

  1. Persetujuan yang Anda berikan

Dengan menggunakan layanan yang disediakan di aplikasi Kami termasuk mengajukan permohonan Layanan Paylater, Anda mengakui telah membaca dan mengerti Kebijakan Privasi ini. Oleh karena itu, Anda menyatakan persetujuan Anda atas seluruh ketentuan Kebijakan Privasi ini.

 

  1. Bagaimana cara menghubungi Kami

Sesuai dengan Kebijakan Privasi di atas, Kami berkomitmen untuk memenuhi permintaan atau masalah apa pun yang mungkin Anda hadapi terkait data pribadi Anda. Oleh karena itu, apabila Anda ingin menarik persetujuan Anda, menghapus, meminta akses, atau mengubah informasi yang telah Anda berikan kepada Kami, silakan menghubungi Kami di:

PT Akulaku Finance Indonesia

Sahid Sudirman Center Lt.11, Jl. Jend. Sudirman No.86, RT.10/RW.11, Karet Tengsin, Tanah Abang, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250, Indonesia

Email: cs.id@akulaku.com

Call Center: 1500920