Siapkan Dana Cepat, Strategi Untuk Memulai Berbisnis Franchise!

Saat ini ALovers bisnis franchise atau bisnis waralaba cukup tinggi diminati loh. Ketika membicarakan mengenai berbagai bidang jenis usaha yang bisa kamu pilih. Kamu dapat membuka usaha sendiri baik secara retail toko online (e-commerce) ataupun toko fisik atau offline store dengan modal yang kamu punya. Namun, ada beberapa pilihan lainnya seperti bisnis franchise yang dapat memberikan keuntungan dan peluang untuk kamu yang ingin berbisnis yang butuh dana cepat. 

Terlebih bisnis ini merupakan salah satu metode kamu dalam membuka usaha serta dengan nama dan brand merek dagang sampai produk bahan dari bisnis ini yang sudah ada sebelumnya. Salah satu contohnya, seperti brand bisnis yang sudah terkenal yaitu, McDonald’s, Pizza Hut, Burger King, Circle K dan masih banyak lagi. Semua brand ini merupakan jenis bisnis franchise yang sudah terkenal dan sudah dipercaya kualitasnya.

Namun ALovers, jika kamu bandingkan jika mau memulai bisnis sendiri atau perseorangan dengan membuka bisnis franchise atau waralaba mempunyai berbagai macam sistem, aturan dan membutuhkan keterampilan yang ekstra. Maka dari itu, kamu harus mengetahui seluk beluk bagaimana sistem franchise tersebut bekerja dan pro kontranya dalam menjalankan jenis usaha bisnis retail tersebut.  

Tentunya menggiurkan bukan ALovers? Salah satu usaha bisnis franchise atau waralaba ini banyak dipilih oleh bisnis pemula karena kemudahannya hanya cukup sediakan modal bisnis kamu bisa berjalan ALovers. Tetapi untuk mengembangkannya kamu tentunya membutuhkan strategi ya. Kamu bisa menggunakan dana cepat yang disediakan oleh beberapa pinjaman online fintech. Jangan sampai kamu tersendat ditengah jalan ALovers. 

Biasanya hal diawal yang paling utama saat memulai bisnis franchise yaitu persoalan paling utama saat akan memulai bisnis ini tentu saat memilih brand atau merek yang akan dipilih untuk dibeli. Jika kamu salah pilih, maka potensi untuk kesuksesan bisnis kamu akan berkurang ALovers.

Oleh karena itu, untuk memudahkan ALovers yang mau memulai bisnis franchise atau waralaba sebagai suatu peluang usaha kamu. Berikut Kula mau infoin nih beberapa strategi yang bisa kamu ikuti : 

Perhatikan Image Franchise

Sebelum kamu memilih franchise , pastikan perusahaan atau franchise yang membuat kamu tertarik mempunyai image yang baik di mata masyarakat. ALovers perlu memperhatikan apakah terdapat berita isu negatif di media terkait bisnis yang kamu incar. 

Tentunya perlu di perhatikan juga apakah franchise yang kamu pilih pernah terlibat kasus hukum. Pilih juga yang dikenal memiliki pelayanan pra dan paska jual termasuk pelatihan serta kursus yang berkaitan dengan teknis bisnis yang akan dijalankan.

Perlu dipastikan juga ALovers, bisnis yang kamu pilih sudah memiliki Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan RI. Selain sebagai tambahan bukti legalitas, surat ini juga menkamukan bahwa bisnis tersebut menguntungkan dan bertanggungjawab.

Oleh karena itu, sebelum memilih penting bagi kamu untuk menanyakan terlebih dahulu pada pihak pemilik utama bisnis tersebut mengenai kepemilikan STPW.

Pilihlah segmen produk yang terjangkau dan Sederhana

Kamu harus memilih bisnis yang memiliki pangsa pasar untuk masyarakat kelas menengah ke bawah ya ALovers. Dengan begitu, maka produk yang kamu jual pun tidak kesulitan untuk mencari konsumen.

Contohnya saja bisnis makanan, kamu dapat memilih jenis yang harganya terjangkau untuk semua lapisan masyarakat. Begitu pun jika produknya minuman, aksesoris atau bahkan jasa. Dengan mengincar segmen menengah-bawah kamu memiliki potensi untuk menjangkau seluruh kalangan ALovers. 

Beda halnya jika kamu menjual produk yang segmennya masyarakat kalangan atas. Sudah pasti konsumen dengan ekonomi menengah ke bawah tidak bisa menjadi pelanggan potensial loh ALovers.

Jika pilihannya adalah segmen menengah ke atas, maka cobalah melakukan perbandingan antara bisnis yang satu dan yang lainnya. Pilih yang kualitasnya paling baik dari segi produk maupun harganya.

Selain itu ALovers, ketika kamu baru saja memulai bisnis, sebaiknya cari yang memiliki teknis operasional yang praktis untuk dijalankan. Selain tidak menyita waktu dan tenaga, bisnis franchise terbaik yang bisa kamu pilih adalah yang prosesnya bisa dikerjakan oleh kamu langsung sebagai pembeli lisensinya.

Maksudnya, meski kamu membutuhkan bantuan pekerja untuk usaha yang akan dijalankan, sebagai pemilik kamu harus mengetahui alur prosesnya. Dengan demikian, sebagai pembeli lisensi dari bisnis yang akan dijalankan, kamu dapat menguasai bisnis yang dijalaninya. Bentuk bisnis yang sederhana biasanya adalah yang terkait makanan, minuman dan jasa sederhana seperti layanan agen kurir ya ALovers .

Memiliki tingkat konsumsi tinggi

Sebelum memilih bisnis franchise, langkah mudah yang bisa dilakukan adalah riset terlebih dahulu apa produk yang punya tingkat konsumsi tinggi dan dibutuhkan banyak orang. Dalam proses ini, tentu akan ada banyak pilihan yang muncul.

Selanjutnya, kamu bisa mempersempit lagi menggunakan indikator-indikator yang ada di artikel ini. Jika sudah menemukan pilihan, sekarang waktunya mencari bisnis yang ada untuk produk tersebut.

Untuk menemukan produk yang terbaik memang tidak mudah. Seringkali kamu harus melakukan pengamatan hingga survei yang memakan waktu tidak sebentar. Tapi, demi kelangsungan bisnis kamu, hal itu bukan masalah, bukan ALovers?

Pilihlah yang punya kantor pusat dan lokasinya terjangkau

Bisnis franchise atau waralaba biasanya memiliki banyak jaringan toko hingga kantor. Teknologi komunikasi yang canggih saat ini juga memudahkan komunikasi hingga jarak tidak lagi jadi masalah serius.

Namun ALovers, ada baiknya jika pemilihan didasarkan atas kedekatan jarak antara lokasi kamu dengan pusat kantor.

Sebab, jika kamu mendapatkan masalah dan membutuhkan konsultasi langsung dengan pemilik utama, jarak yang ditempuh lebih dekat sehingga tak menyusahkan kamu. Coba bayangkan jika lokasinya berada di kota yang jauh. Tentu penanganan masalah akan lebih lama dan lebih repot ya ALovers. 

Pahami ketentuan fee, royalti dan sistem franchise dana cepat

Agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari, sebaiknya pelajari ketentuan fee, royalti dan sistem franchise. Tanyakan juga sejauh apa kemungkinan sistem akan berubah di kemudian hari.

Misalnya ALovers, saat membeli ditetapkan bagian royalti sebesar 30%. Namun, di kemudian hari, malah menaikkan bagiannya menjadi 40%. Tentu kamu sebagai mitra akan dirugikan oleh keputusan seperti ini. Selain itu, kamu bisa menggunakan pinjaman dana cepat melalui aplikasi pinjaman online ALovers.

Siapkan modal usaha dan dana cepat

Paling penting dan seringkali menjadi kendala dalam berbisnis adalah kesiapan modal usaha. Untuk itu, modal usaha ditempatkan pada prioritas utama.

Jika kamu sudah memiliki modal awal namun ternyata jumlahnya kurang dari yang dibutuhkan, ada tips untuk mendapatkan tambahan dana. Salah satunya dengan mengajukan pinjaman modal usaha menggunakan aplikasi dana cepat dengan butuh dana cepat melalui aplikasi pinjaman online terpercaya. 

Agar lebih mudah pengajuannya, coba pengajuan pinjaman online langsung cair. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi repot mendatangi kantor cabang bank. Bahkan, kamu dapat membandingkan berbagai modal usaha dari beberapa bank dengan aplikasi dana cepat.