cara menghitung gaji karyawan

3 Cara Menghitung Gaji karyawan Sesuai yang bikin semua senang

Apabila ALovers memiliki sebuah Perusahaan, ALovers dapat menjadikan sebuah bisnis yang ALovers tekuni tersebut menjadi terus berkembang, dengan perkembangan tersebut juga ALovers pastinya akan membutuhkan untuk menghitung beberapa karyawan guna mengisi posisi tertentu dalam bisnis ALovers. ALovers pun nantinya juga akan menawarkannya upah atau bayaran yang ALovers tentukan besarannya sesuai dengan kebijakan  perusahaan ALovers dan juga dengan melihat landasan hukum yang berlaku juga. dan melalui gaji itu ALovers juga terbayang akan bagaimana cara menghitung gaji karyawan yang kiranya sudah memenuhi dengan standar yang ada saat ini. cara menghitung gaji karyawan memang beragam di setiap perusahaan .Banyak variabel yang bisa ALovers masukkan dalam kalkulasi menentukan gaji pokok, seperti kualifikasi pekerjaan pendidikan, keterampilan, dan pengalaman karyawan serta kemampuan perusahaan membayar gaji tersebut dalam jangka panjang. Secara umum cara menghitung gaji karyawan bulanan dengan excel memang sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh banyak perusahaan saat ini untuk menentukan gaji pokok dari seorang karyawan. Gaji pokok adalah imbalan dasar yang harus dibayarkan oleh perusahaan terhadap pekerja.  Jumlahnya ditentukan berdasarkan tingkat dan jenis profesi dan kesepakatan dengan calon karyawan. Berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003, besaran gaji pokok minimal 75 persen dari upah total pegawai, yang terdiri dari gaji bersih ditambah tunjangan tetap. Hal tersebut juga berlaku bagi cara menghitung gaji karyawan swasta yang telah tertera dalam undang undang yang sama. Gaji pokok karyawan adalah salah satu komponen dari struktur upah yang diatur oleh perusahaan secara proporsional.  Nilai gaji pokok diatur sesuai golongan jabatan dari yang terendah hingga yang tertinggi.

Setidaknya ada tiga hal penting yang perlu ALovers pertimbangkan sebelum ALovers tahu cara menghitung gaji karyawan:

1. Nilai Pekerjaan di Pasaran

cara menghitung gaji karyawan dari nilai pekerjaan ALovers bisa menelusuri posisi pekerjaan serupa dengan kualifikasi pendidikan atau pengalaman sama di sejumlah bursa kerja. Tiap perusahaan kemungkinan menawarkan gaji yang berbeda untuk profesi yang sama, namun ALovers dapat menarik kisaran atau angka rata-rata. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah faktor geografis terkait lokasi pekerjaan, apakah metropolitan, kota besar, atau kota kecil. Jadi, lokasi perusahaan ALovers turut berdampak pada besaran gaji pokok karyawan. Perusahaan yang berkantor di Jakarta biasanya memberikan gaji lebih tinggi dibanding kota-kota besar lainnya di Indonesia. Contohnya jika ALovers mencari staff HRD/Personalia dan menemukan rata-rata gaji pokoknya di pasaran Rp 5 juta. Namun , ternyata nilai pasaran gaji di Jakarta untuk profesi tsb. lebih tinggi, yakni Rp 8 juta. Karena perusahaan ALovers beroperasi di Jakarta, maka ALovers bisa mempertimbangkan gaji pokok Rp 8 juta.

2. Kesesuaian dengan Skala Upah

Perusahaan ALovers sebaiknya memiliki skala upah yang selama ini sudah diterapkan.  Skala upah tersebut menunjukan kemampuan perusahaan membayar dalam membayar gaji karyawan. ALovers bisa membandingkan rata-rata gaji pokok di pasaran skala upah baku perusahaan. Apakah calon karyawan meminta terlalu besar dan tidak cocok dengan rentang skala upah yang berlaku? Jika ya, berarti ALovers tidak perlu memaksakan angka tersebut. Karena gaji pokok yang terlalu besar melebihi kisaran skala upah akan membebani keuangan perusahaan. Selain itu, angka tersebut dapat merusak proporsionalitas upah yang menyebabkan hubungan kerja yang tidak sehat antar karyawan. ALovers dapat menawarkan gaji lebih rendah yang sesuai dengan skala upah perusahaan dengan mengurangi kualifikasi atau spesifikasi skill yang dianggap tidak terlalu perlu. Atau ALovers juga dapat melengkapi gaji pokok dengan paket kompensasi  menarik lainnya, seperti tunjangan, bonus, dan komisi.

3. Kontribusi bagi perusahaan cara menghitung gaji karyawan dengan kontribusinya

Metode lain untuk menentukan gaji pokok yaitu dengan mengukur seberapa besar kontribusi profesi itu terhadap bisnis ALovers. Apabila pekerjaan itu benar-benar menentukan performa perusahaan secara keseluruhan, ALovers dapat memberikan berapa kompensasi yang lebih tinggi dari profesi yang kurang berkontribusi. ALovers juga dapat melihat dan mengukur kecakapan individual karyawan pada saat masa probation. Sejauh mana karyawan tsb. melakukan tugas dan tanggung jawabnya. Jika karyawan yang bersangkutan memiliki kinerja di atas rata-rata, dan memberikan dampak yang positif terhadap produktivitas perusahaan, maka ALovers dapat mempertimbangkan untuk menaikan gaji pokoknya. Dan tentunya ALovers juga wajib memperhitungkan jumlah hari kerja dalam sebulan seorang karyawan untuk menentukan besaran gaji pegawai tersebut. Setelah menentukan cara menghitung gaji karyawan bulanan ALovers, sekarang waktunya untuk menghitung gaji sesuai dengan peraturan Depnaker. Menghitung gaji karyawan sebuah perusahaan membutuhkan banyak waktu jika dilakukan secara manual. cara menghitung gaji karyawan menggunakan excel dipilih karena akan menunjukan perhitungan yang matang untuk ALovers dalam menentukan besaran gaji seorang karyawan tersebut. Oleh karena itu sistem payroll hadir untuk memudahkan pekerjaan HRD dalam menghitung gaji. Selain memudahkan, payroll juga mempercepat pekerjaan dan menghemat biaya gaji HRD sehingga tidak memerlukan karyawan yang banyak. Menghitung gaji karyawan tidaklah sama karena terdapat karyawan tetap dan tidak tetap. Selain itu juga perlu memperhatikan masa kerja, jabatan, serta unsur lain yang dapat memengaruhi besarnya gaji dalam cara menghitung gaji karyawan perusahaan tersebut. Proses cara menghitung gaji karyawan akan berat jika dilakukan secara manual.  Hal ini tidak menjadi masalah jika ALovers memiliki sedikit karyawan. Namun, jika jumlah karyawan ALovers bertambah maka ALovers bisa mengalami kesulitan.