Cek Tagihan BPJS

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan yang Cepat dan Mudah, Yuk Simak 4 Langkah Berikut!

Jika dulu nasabah harus mendatangi langsung kantor BPJS Kesehatan untuk mengetahui besaran tagihan, berbeda halnya dengan saat ini. Ada banyak cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang bisa ALovers pilih.

BPJS merupakan suatu badan hukum public yang bertanggung jawab langsung kepada presiden. Yang ditugaskan untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan nasional kepada seluruh rakyat indonsesia. Terutama Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.

BPJS Kesehatan merupakan penyelenggara program jaminan sosial di bidang kesehatan yang merupakan salah satu dari lima program dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), yaitu Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Namun saat ini terdapat kemudahan bagi ALovers yang ingin mengakses dan cek tagihan bpjs Kesehatan online. Mulai dari menggunakan website resminya hingga aplikasi Mobile JKN. Hal ini tentunya memudahlan ALovers tidak perlu lahi mendatangi kantor BPJS. Tetapi untuk melakukan cek tagihan BPJS online, ALovers harus mengetahui dulu nomor BPJS Kesehatan yang dimiliki.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan dan Nomor BPJS

Perlu ALovers ketahui bahwa nomor BPJS yang tertera pada kartu itu sebenarnya hampir mirip dengan virtual account. Hanya saja pada kartu BPJS, terdapat tambahan dua digit angka pertama.

Sedangkan virtual account, dua digit angka tersebut justru dihilangkan sehingga hanya berjumlah 11 digit angka.  Untuk melakukan cek nomor BPJS Kesehatan, ALovers bisa mencoba 2 cara berikut:

Hubungi Care Center BPJS Kesehatan

Daripada ALovers harus repot mendatangi kantor BPJS Kesehatan, lebih baik gunakan layanan care center di nomor 1500-400 yang beroperasi selama 24 jam untuk cek nomor BPJS.

Petugas BPJS akan menanyakan data dirimu terlebih dulu saat proses verfikasi dilakukan. Kemudian barulah nomor BPJS Kesehatan diberikan.

Gunakan Kartu BPJS Kesehatan Milik Anggota Keluarga

Selain itu, ALovers juga bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan milik anggota keluarga yang juga terdaftar di Kartu Keluarga (KK) sama seperti dirimu.

Lalu masuk ke laman BPJS checking dan log in dengan nomor BPJS Kesehatan milik anggota keluarga ALovers tersebut.

Nantinya sistem akan secara otomatis menampilkan nomor anggota BPJS Kesehatan anggota keluarga lainnya beserta besaran tagihan yang harus dibayar.

 

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Setelah resmi terdaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan, tentu ada sejumlah tagihan setiap bulannya yang wajib ALovers bayarkan. Jumlahnya sendiri tergantung dari jenis layanan yang ALovers gunakan.

Nah agar ALovers mudah mengetahui besaran tagihan yang diterima, berikut beberapa cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang bisa ALovers manfaatkan.

 

1. Cara Cek Tagihan  BPJS Online

Pilihan pertama dari cara cek tagihan BPJS Kesehatan online yang paling mudah adalah dengan mengunjungi website resminya yaitu https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

Cara ini sangat tepat dilakukan oleh nasabah yang tergolong aktif dalam pemakaian internet.

Setelah ALovers membuka website tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pilih menu Cek Iuran BPJS Kesehatan yang ada di sebelah kanan halaman utama.

Kemudian isi sejumlah data mulai dari nomor kartu BPJS Kesehatan (13 digit), tanggal lahir, hingga angka validasi yang tertera pada gambar di laman tersebut.

Lalu klik ‘Cek’ dan rincian jumlah tagihan bakal muncul di layar.

 

2. Cara Cek Jumlah Tagihan via Mobile JKN

Selain melalui website, Cara cek tagihan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan juga menyiapkan cara cek jumlah tagihan BPJS Kesehatan lainnya yaitu dengan aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini bisa dimiliki oleh siapa saja, baik itu pengguna Android maupun iPhone.

Mau tahu bagaimana cara cek jumlah tagihan BPJS Kesehatan melalui Mobile JKN? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Install aplikasi Mobile JKN dari ponsel, baik lewat Google Play Store ataupun App Store.

Kemudian buka aplikasi dan registrasi terlebih dulu untuk memiliki akun baru.

Log in dengan akun JKN yang telah dimiliki.

Klik menu Tagihan, lalu pilih Premi.

Masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan dan nantinya informasi pembayaran tagihan akan tertera di layar ponsel.

 

3. Cara Cek Jumlah Tagihan via Mesin ATM

Biasanya di sekitar kawasan pusat perbelanjaan tersedia mesin ATM. Nah, ALovers bisa memanfaatkannya untuk cek jumlah tagihan BPJS Kesehatan.

Tak hanya mengecek tagihan saja, di mesin ATM pun ALovers bisa sekalian membayar iuran BPJS loh. Pasalnya cara cek jumlah tagihan BPJS di mesin ATM hampir serupa dengan melakukan pembayaran tagihannya.

Adapun langkah-langkah cek jumlah tagihan BPJS di mesin ATM antara lain:

Masukkan kartu ATM ke dalam mesin dan ketik PIN sebanyak 6 digit.

Pilih menu “Transaksi Lain”, kemudian klik menu “Pembayaran” dan pilih “Lainnya”.

Lalu pilih “BPJS” dan klik menu “BPJS Kesehatan”.

Masukkan nomor peserta BPJS Kesehatan atau nomor virtual account yang diberikan saat melakukan registrasi akun.

Pilih menu “Benar” dan lakukan konfirmasi pembayaran jika besaran iuran yang tertera pada mesin ATM benar dengan pilih menu “Ya”.

Sebagai tambahan informasi, hanya pengguna ATM BRI, BNI, Mandiri, dan BCA sajalah yang bisa melakukan cek jumlah tagihan dan pembayaran BPJS Kesehatan.

 

4. Cara Cek Tagihan Cek Tagihan BPJS Kesehatan via SMS Gateaway

Kalau ALovers tidak mau repot dengan mendatangi mesin ATM maupun harus mengakses internet, maka cara cek tagihan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan via SMS Gateaway ini juga bisa diandalkan.

Untuk menggunakan layanan SMS Gateaway, cukup ketik pesan dengan format Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan lalu kirim ke nomor 087775500400.

Lewat SMS Gateaway juga, nomor tersebut bisa ALovers manfaatkan untuk mengecek informasi data kepesertaan BPJS Kesehatan. ALovers dapat menggunakan tiga nomor identitas yang dimiliki, meliputi nomor KTP (NIK), nomor kartu BPJS (NOKA), dan nomor induk pegawai (NIP).

Nah itulah ulasan mengenai cek nomor BPJS beserta cara cek tagihan BPJS Kesehatan perusahaan online disaat pandemi covid untuk ALovers ketahui. Bagaimana? Tidak sulit bukan? Semoga cara-cara tersebut bisa membantu ALovers untuk lebih mengerti tentang BPJS Kesehatan dan selalu menjaga serta mematuhi protokol kesehatan saat pandemi  yaa..