SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN 
AKULAKU ELITE CARD
(“SYARAT DAN KETENTUAN”)

Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian Akulaku Elite Card yang disediakan oleh PT Akulaku Finance Indonesia (“Akulaku Finance”), lembaga jasa keuangan yang telah terdaftar, memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK”) dengan bekerjasama dengan penerbit Akulaku Elite Card.

Syarat dan Ketentuan ini adalah bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Anda sebagai Pengguna dengan Akulaku Finance, Pengguna setuju untuk tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini, Hukum, maupun Kebijakan Privasi dan setiap perjanjian lainnya sehubungan dengan Layanan, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.

PENGGUNA DIHARAPKAN UNTUK MEMBACA SERTA MEMAHAMI KETENTUAN DALAM SYARAT DAN KETENTUAN INI. APABILA ANDA KEBERATAN ATAU TIDAK SETUJU ATAS SALAH SATU, SEBAGIAN, ATAU SELURUH ISI SYARAT DAN KETENTUAN INI, MAKA ANDA SETUJU UNTUK TIDAK AKAN MENGGUNAKAN AKULAKU ELITE CARD. 

1.PENGERTIAN

1)“Akulaku” adalah suatu layanan pembiayaan yang dioperasikan oleh Akulaku Finance.

2)Akulaku Elite Card” selanjutnya disebut sebagai “Kartu Virtual” adalah suatu kartu virtual yang diterbitkan oleh BNI sebagai penerbit, yang dalam hal ini bekerjasama dengan Akulaku untuk dapat digunakan oleh Pengguna dalam melakukan transaksi pada Jaringan Mastercard dengan menggunakan layanan Akulaku berdasarkan suatu limit yang tertera pada akun Akulaku dari setiap Pengguna.

3)“BNI” adalah suatu bank umum yang melakukan kegiatan usaha dalam bidang jasa perbankan sesuai dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan sebagaimana diubah oleh Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998, dan perubahannya di kemudian hari, yang dalam hal ini bertindak sebagai penerbit dari Kartu Virtual.

4)“Data” adalah setiap data Pengguna baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan data atau informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung baik yang diberikan secara sukarela oleh Pengguna ataupun yang dikumpulkan oleh Akulaku Finance melalui penggunaan cookies atau teknologi pelacakan serupa lainnya sejauh diziinkan oleh ketentuan hukum yang berlaku.

5)“Jaringan Mastercard” adalah jaringan mesin elektronik data yang dimiliki oleh Mastercard yang dapat digunakan untuk memfasilitasi Pengguna dalam pelaksanaan Transaksi.

6)“Limit Kartu” adalah jumlah maksimal pembiayaan Kartu Virtual yang dapat digunakan oleh Pengguna.

7)“Pengguna” adalah pengguna terdaftar Akulaku yang telah memenuhi persyaratan dan telah lulus dari proses verifikasi dan penilaian Akulaku Finance untuk menggunakan Kartu Vitrual dan dengan demikian merupakan pengguna yang sah atas Kartu Virtual yang tunduk dan mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini.

8)“Transaksi” adalah adalah suatu transaksi pembelanjaan barang dan/atau jasa oleh Pengguna dengan menggunakan Kartu Virtual yang dilakukan pada Jaringan Mastercard.

 

2.KETENTUANPENGGUNA KARTU VIRTUAL 

1)Pengguna memahami bahwa Kartu Virtual ini merupakan bagian dari layanan pembiayaan multiguna sesuai dengan Peraturan OJK No. 35 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan.

2)Pengguna memahami bahwa Limit Kartu yang dapat digunakan untuk pembayaran Transaksi merupakan limit pembiayaan yang telah diberikan kepada Pengguna oleh Akulaku Finance, dan demikian setiap Transaksi menggunakan Kartu Virtual oleh Pengguna akan secara otomatis mengurangi limit pembiayaan tersebut..

3)Kartu Virtual hanya dapat dipergunakan untuk melakukan Transaksi jika Limit Kartu mencukupi. Sistem secara otomatis akan menolak setiap Transaksi apabila Limit Kartu tidak mencukupi.

4)Pengguna bertanggung jawab atas semua Transaksi yang menyangkut penggunaan Kartu Virtual (dengan atau tanpa sepengetahuan atau seizin Pengguna), termasuk penggunaan dan kerahasiaan atas (i) 16 digit nomor Kartu Virtual; (ii) nama Pengguna yang tertera pada Kartu Virtual; (iii) expiry datedari Kartu Virtual; (iv) CVV dari Kartu Virtual; (v) password dan nomor identifikasi pribadi (personal identification number atau PIN) yang disediakan oleh Akulaku yang dapat diubah dari waktu ke waktu oleh Pengguna; (vi) One Time Password (OTP) yang dikirimkan oleh Akulaku Finance melalui SMS kepada Pengguna; dan (vi) informasi lainnya sehubungan dengan penggunaan Kartu Virtual untuk tujuan Transaksi (“Data Penggunaan Kartu Virtual”).

5)Pengguna (i) wajib segera memberitahu Akulaku Finance mengenai kehilangan atau pencurian Data Penggunaan Kartu Virtual oleh pihak ketiga; dan (ii) bertanggung jawab atas setiap Transaksi yang melibatkan penggunaan Kartu Virtual sampai diterimanya pemberitahuan tersebut oleh Akulaku Finance.

6)Pengguna setuju bahwa, kecuali untuk hal yang disebabkan oleh kelalaian besar dari Akulaku Finance maupun lembaga keuangan yang berperan serta dalam pemberian layanan pembiayaan pada Kartu Virtual, Akulaku Finance tidak berkewajiban atau bertanggung jawab kepada Pengguna sehubungan dengan Transaksi dengan penggunaan Limit Kartu (termasuk dalam hal pencurian Data Penggunaan Kartu Virtual yang disebabkan oleh kelalaian dari Pengguna), dan Pengguna akan membebaskan Akulaku Finance dari setiap kerugian yang dialami oleh Pengguna sebagai akibatnya.

7)Akulaku Finance tidak bertanggung jawab terhadap Pengguna jika Kartu Virtual ditolak atau tidak dapat digunakan.  

8)Akulaku Finance tidak bertanggung jawab terhadap segala bentuk penipuan yang dilakukan pihak lain yang mengatasnamakan Akulaku Finance dan/atau Kartu Virtual dan segala sesuatu yang berhubungan dengan itu.

 

3.PEMROSESAN DAN PENGUNGKAPAN DATA

1)Pengguna memahami bahwa Akulaku Finance memerlukan pemrosesan data dan/atau informasi pribadi Pengguna termasuk Data dan/atau informasi pribadi sensitif dan/atau spesifik untuk memberikan layanan Kartu Virtual kepada Pengguna. (pemrosesan termasuk kegiatan pemerolehan dan pengumpulan; penggunaan; pengolahan dan penganalisisan; penyimpanan; perbaikan dan pembaruan; transfer atau pengungkapan; dan/atau kegiatan lain sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku)

2)Pengguna dengan ini memberikan persetujuan kepada Akulaku Finance untuk melakukan pemrosesan data dan/atau informasi pribadi Pengguna termasuk Data dan/atau informasi pribadi sensitif dan/atau spesifik untuk memberikan layanan Kartu Virtual kepada Pengguna. Data dan/atau informasi pribadi tersebuttermasuk namun tidak terbatas pada: nama, usia, foto, nomor telepon, data biometrik lainnya (pengenalan wajah dan pengenalan suara), detail pekerjaan, pendapatan, profil keuangan, status kredit, status dan riwayat pembayaran pinjaman) Dalam hal Pengguna berkeberatan dan tidak ingin membagikan Data apa pun di atas, Pengguna dapat memilih keluar, tidak menggunakan atau memilih untuk menarik persetujuan untuk membagikan Data Pengguna dapat, sewaktu-waktu menghubungi call center Akulaku Finance jika Pengguna ingin mengubah persetujuan penggunaan data pribadinya. Namun, harap perhatikan bahwa Kartu Virtual mungkin tidak lagi dapat digunakan sehubungan dengan perubahan persetujuan tersebut.

3)Pengguna memahami dan dengan menyetujui pengungkapan dan/atau pertukaran oleh Akulaku Finance atas data dan/atau informasi pribadi serta Dataatau informasi pribadi sensitif dan/atau spesifik Pengguna yang Pengguna berikan kepada Akulaku Finance atau diperoleh secara sah oleh Akulaku Finance, kepada BNI dan/atau atau pihak ketiga lainnya dalam rangka penyediaan layanan Kartu Virtual.

4)Akulaku tidak bertanggungjawab terhadap pelanggaran hukum pemrosesan Data Pribadi yang dilakukan pihak lain selain Akulaku.

 

4.MASA BERLAKU

Syarat dan Ketentuan ini berlaku mulai dari tanggal permohonan Kartu Virtual oleh Pengguna sampai dengan diakhirinya Syarat dan Ketentuan ini sesuai dengan ketentuan Pasal 6 Syarat dan Ketentuan ini.

 

5.PERNYATAAN DAN JAMINAN

Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin kepada Akulaku Finance, selama menggunakan Kartu Virtual, bahwa pernyataan dibawah ini merupakan benar, lengkap, akurat dan tidak menyesatkan dalam hal apapun:

1)Pengguna adalah pribadi yang cakap di mata hukum dan mampu mengikatkan dirinya dalam perjanjian yang sah, dapat menuntut dan dituntut atas namanya sendiri dan memiliki asetnya sendiri, menurut Hukum yang berlaku di Republik Indonesia;

2)Pengguna memiliki kekuasaan untuk menyepakati dan melaksanakan, dan telah mengambil segala tindakan dan persetujuan yang diperlukan agar ia berwenang untuk menyepakati, dan melaksanakan, ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini termasuk namun tidak terbatas pada persetujuan pasangan, apabila berlaku;

3)Pengguna memahami bahwa Limit Kartu yang ditentukan terhadap Pengguna merupakan fasilitas pembiayaan dan bukan merupakan produk uang elektronik dalam bentuk apapun;

4)Persetujuan dan pelaksanaan oleh Pengguna atas Syarat dan Ketentuan ini, dan Transaksi yang diatur oleh atau sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini dimana Pengguna menjadi pihak, tidak dan tidak akan bertentangan dengan Hukum yang berlaku atasnya atau terhadap asetnya atau setiap perjanjian yang mengikat pada dirinya;

5)Tidak ada proses perkara hukum atau tata cara proses perkara hukum atau tata cara atau langkah lainnya yang diambil (termasuk pembuatan permohonan, pengajuan petisi, pengajuan atau pemberian pemberitahuan atau pengambilan keputusan) sehubungan dengan penundaan kewajiban pembayaran utang, kepailitan, moratorium utang; penunjukkan kurator, compulsory manager, wali amanat/trustee, atau pejabat serupa lainnya atau tata cara atau langkah serupa yang diambil di yurisdiksi manapun; atau langkah lain tindakan eksekusi oleh para kreditur dalam bentuk pengambilalihan secara paksa, sita, penyitaan, penahanan atau eksekusi atau proses yang serupa di yurisdiksi manapun yang mempengaruhi aset atau aset-aset milik;

6)Seluruh Data dan informasi yang diberikan oleh Pengguna kepada Akulaku Finance, adalah benar, akurat, lengkap, terkini dan tidak menyesatkan; dan

7)Pengguna menyatakan bahwa Pengguna memiliki hak untuk mengungkapkan dan menyampaikan setiap dan seluruh Data yang diungkapkan dan disampaikan kepada Akulaku Finance, dan pengungkapan dan penyampaian Data tersebut tidak akan melanggar hak dari pihak lainnya manapun

 

6.PENGAKHIRAN

1)Syarat dan Ketentuan ini akan berakhir dengan diakhirinya Kartu Virtual kepada Pengguna atas persetujuan tertulis Pengguna untuk menutup Kartu Virtual atau akun Akulaku miliknya, dengan ketentuan tidak ada kewajiban Pengguna (termasuk kewajiban pembayaran) yang masih terutang terhadap Akulaku Finance. Berakhirnya Syarat dan Ketentuan ini sesuai dengan ketentuan ayat ini akan berlaku efektif pada tanggal dibuatnya pernyataan tertulis oleh Akulaku Finance bahwa persyaratan pengakhiran sesuai dengan ayat ini telah dipenuhi.

2)Terlepas dari ketentuan poin 1 di atas, Akulaku Finance dapat secara sepihak mengakhiri Syarat dan Ketentuan ini pada setiap saat dengan pemberitahuan 3 (tiga) hari sebelumnya kepada Pengguna apabila:

3)Dalam hal pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini, Akulaku Finance berhak untuk menghentikan pemberian Kartu Virtual kepada Pengguna, termasuk dengan cara membatasi, menutup akses, atau menghapus akun Pengguna.

4)Pengguna dan Akulaku Finance setuju untuk mengesampingkan berlakunya ketentuan pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sejauh mengenai diperlukannya putusan pengadilan sehubungan dengan pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini.

 

7.KETENTUAN LAIN

1)Pengguna tidak dapat mengalihkan hak atau kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini tanpa persetujuan dari Akulaku Finance.

2)Apabila, sewaktu-waktu, ketentuan apapun dalam Syarat dan Ketentuan ini adalah atau menjadi tidak sah, tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan dalam hal apapun berdasarkan hukum apa pun dari yurisdiksi mana pun, baik keabsahan, keberlakuan atau dapat dilaksanakannya ketentuan yang tersisa maupun keabsahan, keberlakuan atau dapat dilaksanakannya ketentuan tersebut berdasarkan hukum yurisdiksi lainnya tidak akan terpengaruh atau terganggu.

3)Tidak ada kegagalan untuk melaksanakan, ataupun penundaan dalam melaksanakan, dari sisi Akulaku Finance, setiap hak atau upaya hukum berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini yang akan berlaku sebagai pengesampingan hak atau upaya hukum tersebut. Setiap pengesampingan hak atau upaya hukum oleh Akulaku Finance hanya akan berlaku apabila dibuat secara tertulis. Pelaksanaan satu atau sebagian dari hak atau upaya hukum tidak akan mencegah pelaksanaan yang dilakukan lebih lanjut atau pelaksanaan lainnya atau pelaksanaan hak atau upaya hukum lainnya. Hak dan upaya hukum yang diberikan dalam Syarat dan Ketentuan ini bersifat kumulatif dan tidak mengecualikan setiap hak atau upaya hukum yang diberikan berdasarkan Hukum.

4)SetiapTransaksi menggunakan Kartu Virtual yang dilakukan Pengguna akan diproses berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

5)Terhadap Syarat dan Ketentuan ini berlaku hukum Negara Republik Indonesia, Pengguna tunduk pada Peraturan Perundangan yang berkaitan dengan produk dan layanan perbankan yang disediakan oleh suatu lembaga perbankan (termasuk BNI).

 

8.PEMBAHARUAN

Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah atau diperbaharui sewaktu-waktu dan Pengguna disarankan untuk selalu membaca dan memeriksa Syarat dan Ketentuan secara seksama dari waktu ke waktu. Akulaku Finance akan selalu memberitahukan Pengguna paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum berlakunya perubahan apa pun terhadap Syarat dan Ketentuan ini melalui email Pengguna yang terdaftar pada Akulaku Finance atau dengan cara lain yang wajar, termasuk mengunggah pemberitahuan perubahan tersebut di aplikasi Akulaku Finance. Namun, perubahan dapat segera berlaku tanpa pemberitahuan sebelumnya jika pemberitahuan terlebih dahulu dianggap tidak memungkinkan karena diwajibkan secara hukum. Apabila Pengguna tidak menyetujui perubahan setelah dilakukan pemberitahuan oleh Akulaku Finance, maka Pengguna berhak mengakhiri penggunaan Kartu Virtual. Dengan tidak menyampaikan konfirmasinya atau tetap mengakses dan menggunakan Kartu Virtual, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan ini.