Pinjaman Tanpa Agunan

6 Jenis Pinjaman Tanpa Agunan untuk Memulai Bisnis Bagi Pemula. ALovers Wajib Baca!

Dalam keadaan ekonomi saat ini, Bagi kamu yang sedang merintis usaha pasti keadaan ini sangat berpengaruh terhadap usaha kalian ALovers. Bagi para perintis usaha khususnya para pemula, meminjam uang merupakan hal yang wajar karena minim budget. Selain untuk mendirikan sebuah usaha, hal ini juga tentunya sering terjadi ketika usaha sedang tidak stabil dan pemilik usaha tersebut melakukan ekspansi,

Nah saat ini untungnya terdapat beberapa jenis pinjaman tanpa agunan tanpa kartu kredit yang ALovers bisa jadikan sebagai referensi dan alternative jika kekurangan modal untuk usaha yang kalian inginkan.Bagi ALovers yang belum tahu, Agunan adalah barang berharga yang ALovers harus jaminkan sebelum ALovers melakukan peminjaman. Berikut beberapa jenis pinjaman tanpa agunan dan kartu kredit yang bisa kamu gunakan.

Kamu Masih Bingung dengan Produk Pinjaman Tanpa Agunan Terbaik? Simak ulasan berikut ALovers! Pinjaman Tanpa Agunan (KTA)

Pinjaman Tanpa Agunan 

Pinjaman tanpa Agunan atau juga dikenal dengan istilah unsecured loans ALovers, KTA merupakan salah satu pinjaman tanpa adanya suatu aset yang dijadikan jaminan atas pinjaman tanpa agunan tersebut. Seperti namanya, pinjaman ini memperbolehkan kamu untuk meminjam dalam jumlah tertentu tanpa harus menyerahkan aset sebagai jaminannya. KTA dicap menguntungkan, karena tanpa jaminan apapun, pinjaman dapat dicairkan untuk memenuhi kegiatan bisnis maupun usaha kamu loh ALovers. Namun saat ini terdapat KTA online, salah satunya Akulaku yaitu aplikasi yang menyedikan kredit tanpa agunan. 

Kredit Tanpa Agunan (KTA) bisa dikatakan cukup aman karena sudah dijamin langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk jumlah plafonnya sendiri bisa mencapai ratusan juta, tergantung dari kreditur mana yang menyediakan pinjaman. Apabila dokumen yang diserahkan sesuai dengan syarat, maka pinjaman cepat tanpa agunan ini  dapat langsung cair dalam waktu tiga hari kerja.

Untuk suku bunga di dalam KTA cukup bervariasi, yaitu sekitar 0,65% sampai 2,5% per bulan. Sebaiknya pilih kreditur yang menawarkan bunga rendah, sehingga ALovers tidak kesulitan untuk membayar cicilan bulannya. 

Koperasi Simpan Pinjam

Salah satu lembaga keuangan bukan merupakan bank, namun berbentuk koperasi yang memberikan pinjaman dan menerima simpanan uang kepada para anggotanya dengan bunga yang rendah ALovers. 

Lembaga keuangan ini salah satu yang memberikan pinjaman tidak  dengan mensyaratkan jaminan loh ALovers. Di dalam koperasi tersebut ada kegiatan usaha yang mengumpulkan dana di masyarakat yang nantinya akan dipinjamkan Kembali kepada salah anggota koperasi itu sendiri.

Namun, sayangnya pengajuan pinjaman tersebut hanya terbatas pada anggota nya saja. Selain itu, akan ada simpanan wajib yang dibayarkan dalam jangka waktu tertentu. Namun sangat banyak keuntungannya, seperti halnya dengan tidak adanya jaminan dan juga setiap anggotanya mendapatkan sisa hasil usaha (SHU) setiap tahunnya.  

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Platform pinjaman tanpa agunan yang diperoleh bisa mencapai ratusan juta, lho! Untuk mendapatkan pinjaman, Kamuperlu datang ke salah satu bank pemerintah, lalu mengisi formulir pinjaman di saja sekaligus membawa syarat dan diperlukan

Saat ini, pelaku UMKM tidak perlu pusing memikirkan modal usaha untuk menunjang kelancaran usaha. Pelaku usaha dapat memanfaatkan salah satu program pinjaman dari pemerintah, yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada salah satu bank milik pemerintah.

Namun, tidak semua bank penyedia KUR menawarkan pinjaman tanpa agunan. Terlebih lagi untuk pinjaman dengan nominal yang cukup besar. Maka dari itu, Kamuperlu mempertimbangkan pinjaman yang satu ini bila nyatanya tidak mempunyai nilai aset yang cukup sebagai jaminannya.

P2P Lending

Pinjaman dengan cara yang satu ini semakin banyak dilirik loh ALovers, khususnya oleh UMKM. Selain menawarkan akses yang mudah, jumlah pinjaman dalam P2P Lending sangat bervariatif. Sehingga pelaku usaha dapat langsung menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Cara kerjanya cukup mudah. Sebagai pelaku usaha, Kamuhanya perlu mengajukan pinjaman dalam jumlah tertentu pada salah satu platform penyedia P2P. Pinjaman ini nantinya akan dikenakan batas waktu.

Apabila modal sudah terpenuhi, maka dananya akan langsung diberikan kepada Kamudalam beberapa hari kerja. Sementara pinjaman dapat dikembalikan sesuai tanggal jatuh tempo dengan suku bunga yang relatif terjangkau.

Pegadaian

Inilah salah satu lembaga keuangan resmi non bank ALovers yang mempunyai izin dalam pengeleloaan keuangan yang melayani permohonan pinjaman dan terdapat dalam undang-undang perdata Pasal 1150 ALovers. Di banyak daerah, lembaga ini banyak ditemui dan merupakan salah satu lembaga keuangan resmi yang diakui oleh pemerintah.

Lembaga ini melaksanakan usaha gadai, yang dimana suatu barang atau surat berharga dapat ALovers gunakan sebagai jaminan untuk meminjam sejumlah uang.Sama seperti pinjaman pada umumnya, Kamuyang ingin meminjam di pegadaian harus menyediakan aset tertentu sebagai agunan atas pinjaman. Tapi tenang, agunannya cukup berupa BPKB kendaraan bermotor yang usianya tidak lebih dari 15 tahun. 

Agar pinjaman kamu cepat disetujui, pastikan kalau usaha tersebut adalah milik pribadi dan sudah beroperasi selama minimal satu tahun ya ALovers. 

Pinjaman E-commerce

Seperti tidak mau kalah saing, beberapa e-commerce di Indonesia pun sudah menyediakan pinjaman bagi pelaku UMKM. Pinjaman ini berasal dari pemilik modal yang bekerja sama dengan e-commerce, dan ditujukan untuk merchant atau seller yang berjualan di e-commerce yang bersangkutan. 

Inilah ALovers salah satu solusi pinjaman tanpa agunan untuk modal usaha, Saat ini ada beberapa fintech masa kini yang termasuk aplikasi pinjaman online terbaik. Disini salah satu platform finansial konsumen terkemuka di Asia Teenggara. Termasuk belanja dengan angsuran online marketplace yang dikelola mandiri dan berbagai platform marketplace lainnya serta pinjaman tunai yang fleksibel ALovers. 

Fasilitas pinjaman di Akulaku telah diakui secara resmi oleh pemerintah terbukti dengan terdaftarnya fintech ini di situs OJK loh ALovers. Pinjaman di Akulaku juga bebas dari agunan sehingga memudahkan siapa saja mendapatkan dana segar pastinya. Namun, kamu ALovers harus tetap memperhatikan bunga pinjaman online yang diberikan.  

Pinjaman tanpa agunan ini bertujuan untuk membantu merchant atau seller dalam mengembangkan usaha pada situs e-commerce. Sehingga seller dapat meminimalisir potensi bangkrut karena kekurangan modal usaha. Maka pertimbangkan dahulu ALovers sebelum mengambil pinjaman tanpa agunan. 

Nah, itu dia beberapa jenis pinjaman yang ada di Indonesia ALovers yang bisa kamu manfaatkan untuk modal atau pendanaan usaha kamu. Yuk pahami masing-masiing .pinjamannya secara mendalam, untuk menghindari penyesalan di suatu hari, So, langsung aja ajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan usaha kamu ALovers!