Kamu Nggak Bakal Nyangka! Cara Menghemat Uang ala Akulaku Ternyata Mudah Banget.

Kebanyakan ALovers pasti menerapkan cara menghemat uang dengan menekan pengeluaran bulanan, tetapi godaan dari jajan makanan via ojek online, ngumpul-ngumpul bareng teman hingga bayarin pacar, juga bikin biaya keluar banyak dan sebenarnya itu tidak terlalu penting
Mana lagi saat situasi seperti ini, ada saja sifat belanja dalam keadaan darurat, dan ALovers dipaksa lagi untuk hidup bersabar lagi untuk menekan biaya hidup, hingga keadaan kembali normal
Jangan bingung lagi, ALovers. Kula udah nyiapin beberapa cara berhemat, yang lain banget dari tips-tips lainnya!
Monggo disimak ya.
1.Buat Rekening bank Alternatif

Kula saranin ALovers buat rekening alternatif, tapi sifatnya untuk tabungan, dan harus tanpa akses kartu ATM. Jadi setiap kali gaji bulanan, segera transfer nominal yang menurut kamu pas nominalnya, ke rekening alternatif atau ALovers bisa mengaktifkan opsi transfer otomatis, ini juga termasuk pedoman cara menghemat uang jajan.

Tapi harus ingat, kalau Kula mendapat bonus, jangan langsung kalap untuk difoya-foyakan, segera setor langsung, begitu juga dengan jika Kula dapat kenaikan, hanya saja nominal yang ditransfer harus naik juga.

2.Hindari Pembelian Barang Bersifat Mendadak
Godaan untuk membeli barang atau belanja memang selalu ada, mohon Kula untuk ingat bahwa jangan beli barang yang sifatnya mendadak, yang bahkan menguras pos pengeluaran bulanan yang sifatnya tidak wajib.
Sales, cuci gudang atau promo memang menggiurkan, tapi apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut? Jika situasi saat ini sedang mendesak, mungkin ALovers bisa memanfaatkan pembelian barang di Akulaku memakai diskon Payday atau Brand Day, karena terbukti hemat dan bisa bayar belakangan.

3.Silahkan Freelance Tapi Buat Yang Mampu
Kalau kamu punya rencana menambah sumber pendapatan, cobalah cari pekerjaan sampingan bersifat non-kontrak, tapi pekerjaan utama ALovers sudah hectic dan selalu penuh? Sebaiknya urungkan niat mencari sidejob, karena dikhawatirkan hasilnya tidak maksimal dan bisa membuat pekerjaan utama kamu menjadi terbengkalai
4.Biasakan menggunakan transportasi umum ketimbang transportasii online

Salah satu tips hemat yang bisa kamu terapkan tetapi butuh kesabaran ekstra adalah stop menggunakan transportasi online dan beralih ke transportasi umum.
Kebanyakan pasti ALovers menggunakan ojek online, yang kelihatannya murah karena menawarkan diskon potongan harga, tapi kalau dihitung secara keseluruhan, ini biayanya sangat besar.
Maka Kula saranin, coba deh naik angkot, bus kota, atau KRL jika kamu tinggal di kota satelit atau daerah tertentu. Kula kasih contoh, biaya pulang-pergi sebesar Rp 32.000, apabila ini dilakukan terus sampai sebulan, katakanlah 22 hari kerja, maka biayanya menjadi Rp 704.000. Cukup memusingkan bukan?

5.Terapkan Sifat Masa Bodoh dengan Kehidupan Teman Kerja atau Teman Nongkrong

Teman kamu hidup di lingkungan mewah dan sosialita? Ini cukup berbahaya, karena dalam alam bawah sadar ALovers, pasti ingin mengikuti arus gaya hidupnya. Lebih baik hindari hal seperti ini, dan jika mengikuti gaya hidup jetset, pastilah tidak akan pernah habis, dan bisa-bisa kamu malah kehabisan uang hanya ingin diterima di pergaulan dan kasta sosial.
Lebih baik ALovers fokus pada diri sendiri dan hiduplah sesuai volume isi dompet dan tabungan saat ini

6.Terapkan Teknik “300 Ribu untuk Seminggu”
Cara menghemat uang bulanan satu ini simpel banget, ALovers. Kamu cukup menarik uang sebanyak Rp 300.000 dari ATM pos konsumsi (ingat, bukan pos buat tabungan) kemudian simpan uang tersebut di dompet kamu, dan usahakan itu menjadi biaya konsumsi dan transport kamu selama seminggu.
Tantangan yang menarik kan, ALovers?

7.Dalam Sebulan, Cukup Dua Kali Saja Nongkrong atau Ngopi Bareng Teman.
Setiap akhir pekan, apakah ALovers sering mendapat ajakan untuk nongkrong atau sekedar ngopi-ngopi cantik/ganteng bareng teman?
Untuk ALovers yang memiliki sifat Ekstrovert, ini adalah ajakan yang ditunggu-tunggu karena malam minggu kamu akan terasa sangat ramai, sebaliknya buat Introvert, kamu akan memandang biasa saja dan tidak segan-segan menolak ajakan ini.

Rata-rata uang yang habis untuk dikeluarkan saat nongkrong, bisa mencapai Rp 100.000 bahkan setengah juta. Jika ini dilakukan hanya sesekali, mungkin tidak masalah, namun bayangkan kamu melakukannya setiap akhir pekan, dalam sebulan yang ada totalnya 5 kali, kemungkinan terbesar uang mu akan cepat habis.
Kula saranin lebih baik kamu membatasi jumlah nongkrong atau ngopi bareng teman, minimal satu atau dua kali, namun jika mencapai setengah juta dalam satu kali acara? Maka stop dulu, dan tunggu ajakan nongkrong di bulan depan jika ingin berpesta ria bareng teman.

8.Hentikan Kebiasaan Merokok dan Vaping!
Merokok dan Vaping sudah menjadi kebiasaan lumrah dan mengakar bagi sebagian besar orang Indonesia, walaupun hanya kenikmatan sesaat.
Harga rokok dan Vape sangat beragam, mulai dari belasan ribu hingga Rp 30.000 per kotak, sedangkan Vape, harganya bisa mencapai jutaan untuk mesinnya, belum termasuk pembelian Liquid dan kapas sebagai tambahan.
Kula kasih contoh, kalau sehari membeli satu bungkus rokok berharga Rp 22.000, sebulan ALovers sudah menghabiskan Rp 660.000 hanya untuk rokok.
Jadi sebaiknya hentikan saja aktivitas seperti ini, selain membuat uang ALovers cepat habis, kesehatan kamu akan terganggu di kemudian hari.

Ayo mulai hidup sehat, ALovers

9.Kesehatan Harus Dijaga, karena Biaya Pengobatan Sakit saat ini Mahal!

Sudah memutuskan berhenti merokok dan vaping, saatnya ALovers menjaga kesehatan untuk mengeluarkan cairan toksin dalam tubuh.
Salah satu elemen penting dalam tips hemat uang, adalah agar tidak mudah jatuh sakit, karena biaya pengobatan yang harus dikeluarkan bisa membuat kamu bokek seketika. Disarankan rajin olahraga dan diet dengan membatasi asupan kalori harian.

10. Beri Hadiah Kepada Diri Kamu Karena Sudah Berhasil Menabung.

Sudah berhasil melakukan penghematan besar-besaran, sesuai dengan rencana dan mendapatkan keuntungan banyak? Ayo saatnya ALovers menghadiahi diri sendiri agar makin berprestasi. Hadiah nya
boleh macam-macam kok, seperti liburan, membeli konsol game, pakaian, sepatu dan lain-lainnya yang sudah kamu impikan sejak lama
Terkesan sederhana memang cara menghemat uang dari Kula, tapi kalau kamu berhasil menjalankannya dengan baik, maka ALovers bakal mendapatkan banyak manfaat di akhir perjuangan.

Selamat mencoba, ALovers!